Pengaruh Anggaran Pendidikan Dan Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan Studi Kasus Di SMP Negeri Se-kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung

Feti Prianty. E1A140012. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Bale Bandung. 2018.

ABSTRAK

Penelitian ini menganalisis gambaran serta pengaruh Anggaran Pendidikan Dan Penggunaan Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Negeri Se-Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung.

Metodeanalisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dua variable independen terhadap satu variable dependen yang kemudian dilakukan uji hipotesist serta uji hipotesis f untuk mengetahui tingkat signifikan sipengaruhnya. Adapun populasi penelitian ini yaitu Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung serta yang dijadikan sampel adalah SMP Negeri Se-Kecamatan Solokan jeruk , adapun yang dijadikan responden sebanyak 40 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru dan Bendahara.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif bahwa Anggaran Pendidikan dapat digambarkan cukup baik,Penggunaan Dana BOS dapat digambarkan cukup baik dan Mutu Pendidikan dapat digambarkan cukup baik. Selanjutnya berdasarkan hasil penelitian bahwa secara simultan dan parsial Anggaran Pendidikan dan Penggunaan Dana BOS berpengaruh positif dan signifikan terhadap Mutu Pendidikan.Adapun hasil Koefisien Determinasi sebesar 73,6% dan sisanya sebesar 26,4% merupakan variabel lain yang turut mempengaruhi Mutu Pendidikan tetapi tidak diteliti. Adapun secara parsial, Penggunaan Dana BOS lebih besar pengaruh nya dari pada Anggaran Pendidikan.

Kata kunci : Anggaran Pendidikan,Penggunaan Dana BOS dan Mutu Pendidikan