Pengaruh Efektifitas Realisasi Penerimaan ANggaran dan Efesiensi Anggaran Belanja Daerah terhadap Capaian Kinerja Instansi (Studi Kasus pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Bandung

Dara Aprilianti. E1A140046. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Bale Bandung. 2018.

ABSTRAK

Penelitian ini menjelaskan bagaimana pengaruh Efektifitas Realisasi Penerimaan Anggaran (X1) dan Efesiensi Anggaran Belanja Daerah (X2) Terhadap Capaian Kinerja Instansi (Y) pada Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bandung, yang disusun oleh Dara Aprilianti bimbingan Djodi Setiawan, SE.,M.M.,Ak,.CA dan Husaeri Priatna, S.Ak.,M.M.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Efektifitas Realisasi Penerimaan Anggaran dan Efesiensi Anggaran Belanja Daerah Terhadap Capaian Kinerja Instansi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan 30 kuesioner kepada 30 orang pegawai instansi di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bandung. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner menggunakan analisis linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil analisis tersebut antara lain yang pertama menunjukan efektifitas realisasi penerimaan anggaran berpengaruh secara signifikan terhadap capaian kinerja instansi. Hasil analisis kedua menunjukan efesiensi anggaran belanja daerah berpengaruh signifikan terhadap capaian kinerja instansi.

Kata Kunci : Efektifitas Realisasi Penerimaan Anggaran, Efesiensi Anggaran Belanja Daerah, Capaian Kinerja Instansi.