Pengaruh Efisiensi Biaya Operasional Dan Efektivitas Modal Kerja Terhadap Pertumbuhan Laba Pada Pt. Tujuh Pilar Sarana

Novianti Handayani. E1A160030. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Bale Bandung. 2020.

ABSTRAK

Penelitian ini menganalisis gambaran serta pengaruh Efisiensi Biaya Operasional dan Efektivitas Modal Kerja terhadap Pertumbuhan Laba pada PT. Tujuh Pilar Sarana.

Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, yaitu untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dua variabel independen terhadap satu variabel dependen yang kemudian dilakukan uji hipotesis t serta uji hipotesis f untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruhnya. Adapun populasi penelitian ini yaitu seluruh karyawan PT. Tujuh Pilar Sarana sebanyak 56 orang serta sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga sampel yang diambil mulai dari pimpinan sebagai pengambil kebijakan, sampai bawahan yang mengetahui dan terlibat langsung dengan keuangan sebanyak 34 orang.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif bahwa Efisiensi Biaya Operasional dapat digambarkan cukup baik, Efektivitas Modal Kerja dapat digambarkan cukup baik dan Pertumbuhan Laba dapat digambarkan cukup baik. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis verifikatif bahwa secara simultan dan parsial Efisiensi Biaya Operasional dan Efektivitas Modal Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Laba. Adapun hasil Koefisien Determinasi sebesar 60,1% dan sisanya sebesar 39,9% merupakan variabel lain yang turut mempengaruhi Pertumbuhan Laba tetapi tidak diteliti. Adapun secara parsial Efektivitas Modal Kerja lebih besar pengaruhnya daripada Efisiensi Biaya Operasional.

Kata kunci :     Efisiensi Biaya Operasional, Efektivitas Modal Kerja dan Pertumbuhan Laba