Pengaruh Pemberian Kredit Terhadap Perputaran Kas Dan Modal Kerja Pada Koperasi Kredit Di Smk Pasundan 2 Banjaran (Studi Kasus Pada Koperasi Kredit SMK Pasundan 2 Banjaran Periode 2012-2016)

Sri Ayu Lestari. E1A140002. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Bale Bandung. 2018.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti penelitian mengenai pengaruh Pemberian Kredit terhadap Perputaran Kas dan Modal Kerja pada Koperasi SMK Pasundan 2 Banjaran Kabupaten Bandung. Variabel Independen dalam Penelitian ini yaitu Pemberian Kredit dengan menggunakan skala Rasio. Variabel Dependen dalam Penelitian ini yaitu Perputaran Kas dan Modal Kerja yang diukur dengan skala Rasio.

Populasi dalam penelitian ini yaitu Koperasi SMK Pasundan 2 Banjaran Kabupaten Bandung.Sampel sebanyak 5 selama 2012 – 2016, sumber data yang digunakan berupa laporan keuangan dan laporan tahunan yang diperoleh dari Koperasi SMK Pasundan 2 Banjaran Kabupaten Bandung. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi linear sederhana dengan menggunakan program SPSS 17.

Hasil penelitian yaitu Pemberian Kredit berpengaruh signifikan terhadap Perputaran Kas, dan Pemberian Kredit berpengaruh signifikan terhadap Modal Kerjapada Koperasi SMK Pasundan 2 Banjaran Kabupaten Bandung.

Kata kunci : PemberianKredit, PerputaranKas, Modal Kerja