Pengaruh Penyajian Laporan Keuangan Daerah Dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Daerah Terhadap Transparansi Laporan Keuangan Daerah Pada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung

Rosmalia. E1A140027. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Bale Bandung. 2018.

ABSTRAK

Transparansi dibangun atas dasar arus informasi yang bebas. Seluruh proses pemerintahan, lembaga-lembaga, dan informasi perlu dapat diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan dan informasi yang tersedia harus memadai agar dapat di mengerti dan di pantau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaitf. Populasi penelitian adalah Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayan Peremppuan, dan Perindungan Anak (DP2KBP3A)  di Kabupaten Bandung. Data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data adalah survei dengan membagikan kuesioner.

Peneliti menggunakan analisis regresi berganda dengan menggunakan f-test dan t-test. Dalam penelitian, peneliti bertujuan pada temuan 1) pengaruh penyajian laporan keuangan terhadap transparansi laporan keuangan daerah di DP2KBP3A , 2) pengaruh aksesibilitas laporan keuangan terhadap transparansi laporan keuangan daerah di DP2KBP3A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penyajian laporan keuangan berpengaruh signifikan terhadap transparansi laporan keuangan daerah di DP2KBP3A, 2) aksesibilitas laporan keuangan memiliki signifikansi positif terhadap transparansi laporan keuangan daerah di DP2KBP3A.

Berdasarkan hasil tersebut disarankan bahwa semua lembaga di pemerintah Kabupaten Bandung dapat meningkatkan penyajian laporan keuangan dan aksesibilitas laporan keuangan dalam rangka meningkatkan transparansi laporan keuangan daerah.

Kata kunci: Transparansi laporan keuangan daerah, Penyajian laporan keuangan daerah, Aksesibilitas laporan keuangan daerah