Peranan Auditor Internal Dan Implementasi Standar Akuntansi Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Bandung

Tantina Fajrianti. E1A140017. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Bale Bandung. 2018.

ABSTRAK

            Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana auditor internal berperan di dinas pemerintahan, bagaimana penerapan standar akuntansi pemerintahannya dan bagaimana kualitas laporan keuangan yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang pengaruh peran auditor internal dan implementasi standar akuntansi pemerintah terhadap kualitas laporan keuangan di Kabupaten Bandung, disusun oleh Tantina Fajrianti dibawah bimbingan Muhammad Iqbal, S.E., M.M., dan Djodi Setiawan, S.E., M.M., Ak., CA.

            Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara. Yaitu untuk mengkaji partisipan dengan strategi-strategi yang bersifat interaktif dan fleksibel. Dan ditujukan untuk memahami kejadian-kejadian sosial dari sudut pandang partisipan dan informan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa auditor telah memberikan peran yang sangat penting untuk tercapainya kualitas laporan keuangan yang baik dengan melakukan berbagai pengujian, pengevaluasian dan penilaian yang baik atas laporan keuangan itu sendiri maupun kegiatan-kegiatan yang dilakukan di DP2KBP3A, selain peran auditor internal juga dalam hal implementasi standar akuntansi pemerintah telah diterapkan dengan sebaik mungkin meskipun terjadi kendala yang menghambat proses penyusunan laporan keuangan tetapi bukan merupakan kesalahan dari pihak pegawai, dan hasil kualitas laporan keuangan itu sendiri dapat dikatakan baik karena banyak faktor-faktor yang meyakinkan kualitas laporan keuangan itu baik, diantaranya laporan keuangan dapat dibandingkan baik dengan tahun lalu maupun dengan instansi yang sama di kabupaten lain, transparan, laporan keuangan telah mencerminkan transaksi yang terjadi selama 1 periode pelaporan, hingga dapat diuji oleh auditor yang apabila pengujian dilakukan lebih dari sekali oleh pihak yang berbeda dan tetap menghasilkan simpulan yang tidak jauh beda.

Kata kunci : Audit Internal, Standar Akuntansi Pemerintah, Laporan Keuangan