Pengaruh Pinjaman Anggota Dan Simpanan Anggota Terhadap Sisa Hasil Usaha Pada Koperasi Mina Karya Di Dinas Ketahanan Pangan Dan Perikanan Kabupaten Bandung Tahun Periode 2010 – 2018

Ridwan Gunawan. E1A150013. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Bale Bandung . 2019.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pinjaman Anggota dan Simpanan Anggota terhadap sisa hasil usaha pada koperasi koperasi Mina Karya Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh naik turunnya Pinjaman Anggota, Simpanan Anggota dan Sisa Hasil Usaha (SHU). Faktor-faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah Pinjaman Anggota dan Simpanan Anggota sebagai variabel independen dan Sisa Hasil Usaha (SHU) sebagai variabel dependen.

 Konsentrasi ilmu dalam penelitian ini mengenai akuntansi keuangan yang berorientasi kepada laporan keuangan. Populasi dalam penelitian ini adalah koperasi Mina Karya Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung. Dan sempel dalam penelitian ini menggunakan laporan keuangan selama 9 tahun yaitu dari tahun 2010-2018. Teknik pemilihan sempel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda pada tahap signifikan sebesar 5%. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan SPSS 20.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Pinjaman Anggota secara parsial berpenaruh tetapi pengaruhnya tidak signifikan terhadap SHU pada koperasi Mina Karya Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Bandung dan secara parsial Simpanan Anggota berpengaruh signifikan terhadap SHU. Dan hasil lain menunjukan bahwa Pinjaman Anggota dam Simpanan Anggota berpengaruh terhadap sisa hasil usaha dengan persentase pengaruh 65,1%.dan sisanya 44,9% dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian.

Kata kunci        : Pinjaman Anggota, Simpanan Anggota, Sisa Hasil Usaha (SHU)