Analisis Kemacetan Lalu Lintas Akibat Berkembangan Alat Transportasi di Wilayah Majalaya Kabupaten Bandung

Gina Hasnia. B1A120035. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2017.

ABSTRAK

ANALISIS KEMACETAN LALU LINTAS

AKIBAT PERKEMBANGAN JUMLAH ALAT TRASNPORTASI

DI WILAYAH KECAMATAN MAJALAYA

Oleh :

GINA HASNIA

NIM. BIA 120035

Wilayah perkotaan merupakan pusat aktivitas sosial ekonomi bukan saja bagi penduduk yang tinggal di kota tersebut tetapi juga bagi penduduk yang tinggal di sekitar kota tersebut. Perkotaan tidak hanya berfungsi sebagai wadah tempat berpusatnya penduduk dalam jumlah banyak, tapi juga di sana berpusat berbagai kegiatan, seperti pusat pemerintahan, perdagangan, perindustrian, transportasi, komunikasi dan jasa lainnya, sehingga tidak heran kalau perkotaan berfungsi sebagai growth pole dan center place.

Akibat dari pemusatan berbagai kegiatan seperti penduduk, pemerintahan, perdagangan, perindustrian, transportasi, komunikasi dan jasa lainnya tersebut menjadikan wilayah perkotaan berkembang lebih pesat daripada daerah di sekitar kota tersebut. Perkembangan wilayah, khususnya kota terus mengalami pertumbuhan yang pesat sejalan dengan meningkatnya kebutuhan penduduk akan ruang dan mobilitasnya. Perkembangan wilayah juga menyebabkan terjadinya penambahan dan perluasan sarana dan prasarana sosial yang membutuhkan sarana dan prasarana transportasi yang baik untuk melayani kebutuhan mobilitas penduduknya. Salah satu kota yang mengalami pertumbuhan penduduk yang pesat, adalah Kota Majalaya dimana Majalaya sebagai sebuah kota terus mengalami pertumbuhan yang pesat sejalan dengan meningkatnya kebutuhan penduduk akan ruang dan mobilitas-nya.

Kata Kunci : Kemacetan Lalu Lintas, Alat Transportasi, Kecamatan Majalaya