PASANG SURUT PANCASILA: Sebuah Pengantar tentang Sejarah dan Pemaknaan Pancasila

Buku yang diterbitkan pada bulan Februari Tahun 2020 ini, ditulis oleh Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan FISIP UNIBBA,  Rendy Adiwilaga, S.IP., M.Sc., ini berjudul “PASANG SURUT PANCASILA : Sebuah Pengantar tentang Sejarah dan Pemaknaan Pancasila”

Sesuai dengan judulnya, buku ini menyajikan kajian historis Pancasila dilihat dari dimensi-dimensi yang menaungi sila ke sila, kemudian tokoh-tokoh kebangsaan yang terlibat dalam penyusunan, juga peristiwa-peristiwa penting seperti piagam Jakarta dan kejayaan PKI di era demokrasi terpimpin, serta otoritas Soeharto yang memberikan warna dan dinamika yang menarik bagi Pancasila.

Buku ini sendiri lahir disaat klaim mengenai siapa yang paling “Pancasilais” mengemuka dalam kontestasi politik. Alih-alih dipelajari, dikaji, dan dikembangkan secara ilmiah, Pancasila justru digunakan untuk memuluskan kepentingan politik pragmatis. Karena itulah, buku ini dibuat dengan tujuan untuk menjernihkan kembali klaim tersebut dan penyelewengan atas nilai-nilai luhur yang terkandung dalam kelima sila Pancasila.

Adiwilaga, Rendy. 2020. Pasang Surut Pancasila : Sebuah Pengantar tentang Sejarah dan Pemaknaan Pancasila. Malang : Inteligensia Media.

xvi+140hlm.; 15,5×23 cm.

ISBN : 978-623-7374-70-1

untuk mendapatkan buku ini  >>>>>>> Klik Disini <<<<<<<