Pengaruh Kawasan Wisata Religi Sunan Cipancar Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Pasirwaru Kabupaten Garut

Hilmi Fauziah. B1A150010. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2019.

ABSTRAK

Pengaruh Kawasan Wisata Religi Sunan Cipancar Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat di Desa Pasirwaru Kabupaten Garut

Hilmi Fauziah, prof. Dr. Awan mutakin, M.Pd, Upi Supriatna, M.Pd 

Program Studi Pendidikan Geografi Universitas Bale Bandung

            Industri pariwisata berperan penting dalam hal pengembangan negara, selain itu pariwisata juga mempunyai pengaruh  terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi pemerintah daerah kampung Pasirastana yang terletak didesa Pasirwaru Kecamatan Blubur Limbangan  ialah salah satu daerah dikabupaten Garut yang memiliki beragam potensi tempat wisata salah satunya adalah objek wisata Religi Sunan Cipancar, objek wisata ini memiliki peranan penting dalam meningkatakan Sosial Ekonomi masyarakat.

            Masalah yang diambil dalam penelitian ini adalah: 1. Faktor apa saja yang menjadi daya tarik kawasan wisata Religi Sunan Cipancar di desa Pasirwaru?, 2. Faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung pengembangan kawasan wisata Religi Sunan Cipancar di desa Pasirwaru?, 3. Seberapa besar pengaruh kawasan wisata Religi Sunan Cipancar untuk masyarakat dan daerah sekitar di desa Pasirwaru?

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui survey, observasi lapangan, menyebar angket/ kuesioner, wawancara studi dokumentasi dan studi litelatur, lokasi yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah kampung Pasirastana dan Citamiang, dengan jumlah responden 95 jiwa dan di perkecil menjadi 40 jiwa terdiri dari 10 orang pedagang, 15 orang masyarakat setempat, 15 orang pengunjung.

            Hasil penelitian dapat di simpulkan pariwisata Religi Sunan Cipancar, dimana daerah tersebut terdapat jejak sejarah berupa situs makam dari Adipati Jaya Kusuma dan patilasan  peninggalan dari seorang tokoh ulama dan umara pada awal masa penyebaran islam di Jawa Barat khususnya didaerah Garut,  kampung Pasirastana sendiri merupakan daerah dataran tinggi (592 Mdpl), yang menjadi daya Tarik tempat ini adalah dapat menikmati pemandangan sebagian kota Garut dari atas perbukitan. Pengaruh dari adanya kawasan wisata Religi Sunan Cipancar terhadap kesejahteraan masyarakat dalam segi perekonomian masyarakat sangat terbantu dengan adanya kawasan wisata ini karena sebagian besar masyarakatnya berdagang dan memilih berwisuwasta disana dan menjadikannya sebagian usaha pokok.

            Kata kunci: pengaruh, Sosial Ekonomi, wisata Religi Sunan Cipancar.