Penggunaan Metode Pembelajaran Cooperative Script terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik dengan Materi Ketahanan Pangan Nasional Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI MA Sekolah Cinta Ilmu

Faisal Ardian Maulana. B1A160009. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2020.

ABSTRAK Pada Kurikulum 2013, guru dituntut untuk lebih kreatif dalam mengajar dan sebisa mungkin sedikit demi sedikit meninggalkan metode konvensional (ceramah) pada proses belajar-mengajar di kelas. Guru harus membuat peserta didik lebih aktif di kelas sehingga peserta didik bisa lebih leluasa mencari materi sendiri dan mempresentasikan serta menyajikannya di kelas, dan fungsi guru hanya mengarahkan, membimbing, dan menjadi penengah dalam pembelajaran. Ada banyak sekali metode pembelajaran yang bisa dipakai untuk sekarang ini, seperti contohnya Kontekstual, Kooperatif, Kuantum, Terpadu, Problem Based Learning, dsb.

Masalah yang difokuskan adalah bagaimana penerapan metode Cooperative Script dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, serta bagaimana efektifitas metode tersebut terhadap proses pembelajaran geografi selama di kelas. Serta apakah metode ini cocok digunakan dalam pembelajaran geografi. Juga apakah metode ini sangat memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik. Tujuannya pula ingin mengetahui bagaimana keberhasilan metode Cooperative Script dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik, ingin mengetahui apakah metode ini cocok digunakan dalam pembelajaran geografi, serta ingin tahu pula apakah metode ini bisa mempermudah tugas guru dalam menyampaikan materi kepada para peserta didik.

Penulis atau peneliti menggunakan metode eksperimen serta hasil data berupa metode deskriptif kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas XI IPS MA Sekolah Cinta Ilmu yang berjumlah 11 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes. Tipe tes yang digunakan berupa tes tulis pilihan ganda, dan juga diberikan kuisioner untuk mengetahui respon peserta didik mengenai metode pembelajaran Cooperative Script.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Cooperative Script dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS MA Sekolah Cinta Ilmu. Begitupun metode ini dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, serta cocok digunakan dalam pembelajaran geografi.

Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Peserta Didik, Prestasi Belajar