Peran Pendidikan Karakter pada Organisasi Pramuka dalam Menghadapi Tanggap Bencana Wabah Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) di Kabupaten Bandung

Yudi Yudantara. B1D160001. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2020

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “PERAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA ORGANISASI PRAMUKA DALAM MENGHADAPI TANGGAP BENCANA WABAH COVID-19 (CORONAVIRUS DISEASE 2019) DI KABUPATEN BANDUNG”

Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara mengimplementasikan tanggap bencana Covid-19 yang dilakukan oleh organisasi Gerakan Pramuka serta untuk mengetahui bagaimana Pendidikan karakter pada organisasi Gerakan Pramuka.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini dalam mengimplementasikan tanggap bencana Covid 19 yang dilakukan Gerakan Pramuka adalah melaksanakan beberapa program yang sudah diinstruksikan oleh Gerakan Pramuka tingkat nasional. Serta peran Pendidikan karakter pada organisasi Gerakan Pramuka di Kabupaten Bandung pada masa pandemi yang paling dirasakan adalah sikap sukarela dan saling menolong serta rasa peduli antar sesame manusia.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah banyaknya anggota Gerakan Pramuka yang mengikuti program tanggap bencana Covid 19 tidak ditunjang dengan fasilitas yang memadai. Kurangnya sarana penunjang dalam melaksanakan program penyemprotan disinfektan seperti APD dan alat penyemprotan menjadi kendala di lapangan.

Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Gerakan Pramuka, Pandemi, Covid-19