Tingkat Kesadaran Para Pendaki Gunung terhadap Lingkungan Taman Wisata Alam Gunung Papandayan

Achmad Rijal Syifaurohman. B1A160016. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2020

ABSTRAK

Para pendaki Gunung Papandayan memiliki etika lingkungan yang baik. Namun berdasarkan hasil observasi masih ditemukan beberapa sampah di jalur pendakian Gunung Papandayan, juga terdapat  coretan-coretan di batu. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian tingkat kesadaran para pendaki Gunung Terhadap lingkungan Taman Wisata Alam Gunung Papandayan.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kondisi lingkungan wisata pendakian Gunung Papandayan dan mengetahui pengetahuan, sikap serta perilaku para Pendaki Gunung dalam menjaga lingkungan.

Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode analisis kualitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung/pendaki Gunung Papandayan. Sampel diambil dengan teknik purposive insidental sampling dengan jumlah sampel 283 pendaki. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi, observasi, tes, dan kuesioner.

Variabel dalam penelitian ini adalah kesadaran para Pendaki gunung terhadap lingkungan Taman Wisata Alam Gunung Papandayan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan dari 30 pernyataan, rata-rata skalanya adalah 88,242% atau masuk kriteria Sangat Baik. Namun masih terdapat bebrapa pendaki yang kurang sadar akan lingkungan seperti membuang sampah di jalur pendakian dan mencoret-coret batu.

Berdasarkan hasil penelitian maka saran yang dapat disampaikan yaitu agar pengetahuan para pendaki gunung semakin baik terhadap lingkungan maka diharapkan dari pihak pengelola memberikan arahan sebelum pendaki melakukan pendakian, dan membuat peraturan agar saat mendaki membawa kantung plastik besar untuk membawa sampah kembali turun dan untuk pendaki yang berusia di bawah 15 tahun sebaiknya diwajibkan menggunakan porter/guide, karena pada usia ini seseorang dapat melakukan vandalisme tanpa berfikir panjang.

Kata kunci : Kesadaran, Terhadap Lingkungan.