Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Di Sma Pasundan Banjaran

Putri Anggiani. B1A150018. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2019.

ABSTRAK

Latar belakang nya ialah siswa – siswa jaman sekarang yang lebih banyak malas belajar maupun sekolah. Indikasi ini dimungkinkan karena faktor belajar siswa yang kurang efektif, bahkan siswa sendiri tidak merasa termotivasi di dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas. Salah satu agar siswa aktif dalam proses pembelajaran, yaitu dengan cara menerapkan model pembelajaran, dimana manfaat model pembelajaran dapat membantu guru dalam mengaktifkan jalannya proses belajar, selain itu juga dapat menghidupkan suasana belajar didalam kelas menjadi lebih baik. Masalah  yang difokuskan ialah bagaimana penerapan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dalam meningkatkan prestasi belajar , bagaimana Aktivitas siswa selama belajar menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray , bagaimana Hasil Belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray dalam memahami dan mempelajari materi mitigasi bencana.Tujuannya Ingin Mengetahui tentang bagaimana keberhasilan penerapan metode pembelajaran Two stay Two stray dalam meningkatkan prestasi. Ingin Mengetahui aktivitas siswa selama belajar dengan menggunakan metode pembelajaran Two stay Two stray. Ingin Mengetahui hasil belajar siswasetelah menggunakan metode pembelajaran Two stay Two stray.Menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas XI IPS SMA Pasundan Banjaran. Dan sample nya adalah siswa kelas XI IPS 1 yang berjumlah  35 siswa. Instrument yang digunakan adalah Tindakan kelas. Dalam mentabulasikan data, data yang ada lalu diperiksa lalu dikelompokan kedalam tabel. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa metode pembelajaran Two stay Two stray dapat meningkatkan 100% prestasi belajar  siswa XI IPS 1 SMA Pasundan Banjaran. Simpulan yang dapat disampaikan sebaiknya menerapkan metode pembelajaran yang cocok dengan materi, selalu memberikan motivasi yang selalu membuat siswa terpacu untuk selalu semangat dalam belajar.

Kata Kunci : Metode pembelajaran, Siswa , Prestasi.