Pengaruh Rencana Anggaran Dan Realisasi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (Apbd) Terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah Pada Badan Keuangan Dan Aset Daerah (Bkad) Kabupaten Bandung Tahun 2012-2018

Siti Rodiah. E1A160044. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Bale Bandung. 2020

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rencana Anggaran dan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah  secara parsial maupun simultan pada Badan Keuangan dan Aset Daerah. Disusun oleh Siti Rodiah dibawah bimbingan Husaeri Priatna, S.Ak., M.M., dan Drs. H. Dani Rachman, M.Si.

Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggambarkan analisis suatu hasil, kemudian menguji hipotesis dari data dan fakta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien korelasi pearson, koefisien korelasi parsial, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dan uji-F.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Rencana Anggaran berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah, dimana hasil tersebut dibuktikan dengan hasil uji t Rencana Anggaran memperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu -4,824 > -2,776 dengan nilai signifikansi 0,009 lebih kecil dari 0,05 (0,009 < 0,05). Kemudian Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah. Hal ini dibuktikan dengan uji t Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah memperoleh thitung lebih besar dari ttabel yaitu 4,879 > 2,776 dengan nilai signifikansi 0,008 lebih kecil dari 0,05 (0,008 < 0,05). Secara simultan Rencana Anggaran dan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah, hal tersebut dibuktikan melalui uji F hasilnya Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 19,812 > 6,94 dengan nilai signifikansi 0,008 lebih kecil dari 0,05 (0,008 < 0,05). Hasil koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai sebesar 0,908, artinya Rencana Anggaran dan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah memiliki pengaruh sebesar 90,8% terhadap Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah, sedangkan sisanya 9,2%  dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Rencana Anggaran, Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah dan Kinerja Keuangan Pemerintah Daerah