Pengaruh Modal Sendiri Dan Modal Pinjaman Terhadap Perolehan Sisa Hasil Usaha (SHU) Pada Koperasi Pegawai – Ri Guru Soreang (KGS)

Iwa Kartiwa. E1A150050. Program Studi Akuntansi . Fakultas konomi.

Universitas Bale Bandung. 2019.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman terhadap Sisa Hasil Usaha pada Koperasi Pegawai – RI Guru Soreang, disusun oleh Iwa Kartiwa, NPM E1A150050 di bawah bimbingan Djodi Setiawan, S.E.,M.M.,Ak.,CA dan Drs. Dani Rachman M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman terhadap perolehan Sisa Hasil Usaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Koperasi Pegawai-RI Guru Soreang dengan menggunakan data berupa laporan keuangan. Dimana hasil penelitian ini menunjukan bahwa Modal Sendiri secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Sisa Hasil Usaha dimana hasil tersebut dibuktikan dengan hasil uji thitung lebih besar dari ttabel (5,508 > 2,776) dengan taraf signifikansi yaitu (0.005 < 0,05) dan secara parsial Modal Pinjaman berpengaruh signifikan terhadap Sisa Hasil Usaha

dibuktikan dengan hasil uji t dimana thitung lebih besar dari pada ttabel (-3,728 > -2,776) dan taraf signifikansi yaitu (0,020 < 0,05). Dan hasil uji F menunjukan hasil Fhitung lebih besar dari Ftabel (17,747 > 6,94). Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa secara simultan terdapat pengaruh yang signifikan antara Modal Sendiri dan Modal Pinjaman terhadap Perolehan Sisa Hasil Usaha pada Koperasi Pegawai-RI Guru Soreang.

Kata Kunci : Modal Sendiri, Modal Pinjaman, Sisa Hasil Usaha (SHU)