Pengaruh Perputaran Total Aset dan Perputaran Piutang terhadap Profitabilitas (ROI) pada PT. LEN Industri (Persero) Periode 2012-2018

Novitasari. E1A160028. Fakultas Ekonomi. Universitas Bale Bandung. 2020.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Perputaran Total Aset dan Perputaran Piutang Terhadap Profitabilitas (ROI) Pada PT. Len Industri (Persero) Periode 2012-2018, disusun oleh Novitasari, NPM E1A160028 dibawah bimbingan Syifa Vidya Sofwan, S.E., M.Ak., Ak.,CA. dan Husaeri Priatna, S.Ak., M.M.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggambarkan analisis suatu hasil, kemudian menguji hipotesis dari data dan fakta. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah time series dan sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien korelasi pearson, koefisien korelasi parsial, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F.

Dimana hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Perputaran Total Aset berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas (ROI). Kemudian Perputaran Piutang secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas. Sedangkan, secara simultan Perputaran Total Aset dan Perputaran Piutang berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas (ROI).

Kata Kunci : Perputaran Total Aset, Perputaran Piutang, Profitabilitas (ROI)