Hasil Penelitian Dosen Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung

Karya Tulis Ilmiah yang merupakan Hasil Penelitian Berjudul Model Pembelajaran Apresiasi Kajian Sastra Terpadu untuk Penugasan Empat Aspek Keterampilan Berbahasa, ditulis oleh Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung, yaitu Dr. Diana Silaswati, M.Pd., Dani Hermawan, M.Pd., dan Deanty Rumandang Bulan, S.S., M.A.

ABSTRAK

Mahasiswa sebagai peserta didik dalam suatu sistem pendidikan tinggi, harus memiliki  kemampuan berpikir kritis-kreatif tingkat tinggi dengan keterampilan yang multi-fungsi  untuk mengembangkan potensi diri yang diperlukan dalam hidup, dan berkompetisi untuk  kepentingan life skills di dalam kehidupan yang sesungguhnya dengan berbagai tantangan  yang harus dihadapi di masyarakat, karenanya kemampuan mahasiswa dalam penguasaan  empat aspek keterampilan berbahasa merupakan hal yang sangat penting. Penelitian ini  secara umum bertujuan untuk menemukan atau menggali (explore), mengembangkan  (develop atau extention) dan menguji (testing) teori, khususnya untuk mengembangkan  kegiatan pembelajaran dengan model apresiasi kajian sastra terpadu melalui  pengintegrasian kurikulum apresiasi kajian prosa fiksi, apresiasi kajian puisi, dan apresiasi  drama. Keterpaduan apresiasi kajian sastra yang terintegrasi-komunikatif dengan empat  aspek keterampilan berbahasa yang mewarnai pembelajaran ke arah literasi tingkat tinggi  (high literacy), memungkinkan mahasiswa dan lulusan memiliki kemampuan berpikir  kritis-kreatif-inovatif dan kecakapan hidup untuk dapat beradaptasi, berperan aktif, dan  berfungsi maksimal di masyarakat yang dibanjiri arus globalisasi. 

Teknik pengumpulan dan instrumen yang dipergunakan dalam rangka memperoleh data, dilakukan melalui studi dokumentasi, observasi, kuesioner/angket, wawancara, portofolio, dan Tes Hasil belajar. pada mahasiswa Prodi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan  Daerah FKIP UNIBBA angkatan tahun 2015-2016. Pengolahan dan analisis terhadap data yang terkumpul, dilakukan dengan menggunakan statistika deskriptif dan statistika  inferensial, untuk melihat ada tidaknya perbedaan yang berarti dari hasil pretest dan posttest pada kelas uji. Proses ujicoba ini dilaksanakan untuk menilai efektifitas dan kelayakan  model apresiasi kajian sastra terpadu dengan pengintegrasian kurikulum apresiasi kajian  prosa fiksi, apresiasi kajian puisi, dan apresiasi drama, dalam kegiatan pembelajaran untuk  tujuan peningkatan kemampuan mahasiswa terhadap penguasaan empat aspek keterampilan  berbahasa. Untuk membandingkan kemampuan mahasiswa pada pretest dan posttest digunakan uji-t. 

Adapun hasil dari penelitian ini, bahwa perencanaan dan pelaksanaan kegiatan  pembelajaran dengan menggunakan model apresiasi kajian sastra terpadu yang mengintegrasikan apresiasi kajian prosa fiksi, apresiasi kajian puisi, dan apresiasi drama telah  terukur dengan hasil cukup baik berdasarkan kriteria komponen kegiatan pembelajaran, yaitu tujuan, bahan, metode, media, pendekatan, dan evaluasi. Hasil uji-t menunjukkan nilai thitung (13,682) > ttabel(2,021) dalam df=38, berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan mahasiswa dalam penguasaan empat aspek keterampilan berbahasa sebelum  diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan bahwa model apresiasi kajian sastra terpadu yang mengintegrasikan apresiasi kajian prosa fiksi, apresiasi kajian puisi, dan apresiasi drama dapat digunakan pada  kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan  empat aspek keterampilan berbahasa.

KLIK DISINI untuk mengunduh