Peranan Metode Pembelajaran Kontekstual Melalui Kegiatan Ekonomi Masyarakat Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa

Karya Tulis Ilmiah yang berjudul ” Peranan Metode Pembelajaran Kontekstual Melalui Kegiatan Ekonomi Masyarakat Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa (Penelitian di SMP Negeri 1 Cisewu Kabupaten Garut) ini ditulis oleh Sri Andar Ishari dan Cartiya dari Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bale Bandung.

Karya Tulis ini dimuat dalam Buku Kumpulan Karya Ilmiah Dosen Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung tahun 2019.

ABSTRAK

Pada dasarnya setiap guru menghendaki agar peserta didiknya memperoleh prestasi belajar seoptimal mungkin sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Namun kenyataannya masih banyak peserta yang prestasi belajarnya dibawah kriteria minimum yang telah ditentukan. Begitu pula pada pembelajaran Kegiatan Ekonomi Masyarakat masih banyak peserta yang prestasi belajarnya dibawah kriteria minimum yang telah ditentukan.

Untuk mengatasi hal tersebut diatas, banyak metoda atau pendekatan yang digunakan, dan salah satu pendekatan pembelajaran adalah pembelajaran kontekstual. Walaupun demikian, apakah dengan adanya metode pembelajaran kontekstul dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta dalam pembelajaran Kegiatan Ekonomi Masyarakat? Atas dasar pernyataan yang timbul itulah penulis merasa terdorong untuk meneliti pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Kegiatan Ekonomi Masyarakat.

Oleh karena itu terdapat beberapa keterbatasan yang ada dalam diri penulis, maka penelitian ini hanya dilakukan terhadap peserta VII SMP Negeri 1 Cisewu Kabupaten Garut.

Pentingnya penelitian ini dilakukan antara lain : (1). Dalam bidang teori, diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan informasi untuk mengkaji teori-teori yang telah berkembang dalam pendidikan. (2). Dalam bidang penelitian, untuk mengetahui keuntungan dan kelemahan pembelajaran konstekstual dalam pembelajaran Kegiatan Ekonomi Masyarakat. 3). Sebagai syarat dalam menempuh jenjang pendidikan sarjana S-1.

Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen dengan salah satu jenisnya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK merupakan suatu kolaborasi yang bertujuan untuk memperbaiki proses belajar dan meningkatkan prestasi belajar peserta. Dengan PTK  diharapkan proses belajar mengajar  berjalan secara ekektif dan efisien, serta  penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu merencanakan, melakukan tindakan, mengamati, dan merefleksi.

Dalam penelitian ini, sesuai dengan jenis data yang diperlukan, maka penulis menggunakan format observasi  kinerja guru, format partisipasi peserta dalam KBM. Penulis dalam hal ini menjadi guru, sedangkan pengamat adalah rekan guru yaitu guru IPS dan BP/BK.

Keywords : Penelitian tindakan kelas, guru, belajar mengajar

Klik untuk mengunduh file