Perbandingan Prestasi Belajar Antara Siswa Yang Mendapat Pembelajaran Metode Ceramah Dengan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPS Di Mts Al-Hikmah Cibuluh Kabupaten Cianjur

Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Perbandingan Prestasi Belajar Antara Siswa Yang Mendapat Pembelajaran Metode Ceramah Dengan Metode Inkuiri Pada Mata Pelajaran IPS Di Mts Al-Hikmah Cibuluh Kabupaten Cianjur” ini ditulis oleh Rini Ayu Susanti dan Neng Ita Sintia dari Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bale Bandung.

Karya Tulis ini dimuat dalam Buku Kumpulan Karya Ilmiah Dosen Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung tahun 2019.

ABSTRAK

 Mempelajari IPS terkesan rumit, sehingga mengakibatkan penguasaan siswa terhadap mata pelajaran IPS menjadi lemah, dan siswa cenderung menjadi malas untuk mempelajarinya. Hal ini berimbas pada rendahnya prestasi belajar siswa dalam pelajaran IPS. Untuk menangani permasalahan tersebut sudah sepantasnya para guru mata pelajaran IPS mencoba metode mengajar yang dimungkinkan dapat menarik minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran IPS. Dan salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan metode inkuiri. Hal ini yang mendorong penulis untuk mengkaji tentang manfaat pembelajaran metode inkuiri dalam pembelajaran IPS dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa.untuk mengetahui manfaat pembelajaran dengan menggunakan metode inkuiri dalam pembelajaran IPS penulis melakukan perbandingan hasil belajar antara siswa yang menggunakan pembelajaran metode ceramah dengan siswa yang menggunakan pembelajaran dengan metode inkuiri.                                      

Populasi yang penulis ambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX Mts Al-Hikmah Cibuluh. Untuk keperluan penelitian, berdasarkan pertimbangan secara sengaja penulis jadikan tiga kelompok sebagai sampel penelitian.dari tiga kelompok tersebut,kelas A dijadikan kelas kontrol, kelas B dijadikan kelas eksperimen dan kelas C sebagai uji coba soal. Variabel penelitiannya terdiri atas: 1) variabel bebas: menggunakan metode inkuiri dan metode ceramah. 2) variabel terikat: hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS. Dalam penelitian ini intrumen yang digunakan adalah berupa tes uraian. Adapun materi pokok bahasan yang diambil dalam plaksanaan penelitian ini adalah mengenai dinamika kependudukan dan pembangunan berwawasan lingkungan di Indonesia.                                                          

Pada awal pembelajaran kelompok sampel menunjukan kemampuan awal yang berbeda dalam pelajaran IPS. Hal ini dapat disimpulkan bahwa:”terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPS antara yang menggunakan metode ceramah dan dengan yang menggunakan mendapat pembelajaran dengan metode inkuiri”.                                                                              

Uraian tersebut di atas, menunjukan bahwa penggunaan metode inkuiri di kelas IX Mts Al-Hikmah Cibuluh cenderung lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunkan metode ceramah. Hal ini dimungkinkan bahwa pembelajaran metode inkuiri dapat menambah daya tarik siswa untuk belajar IPS atau mempermudah siswa dalam memahami topik pembelajaran.

Klik untuk mengunduh file