Upaya Memotivasi Belajar Siswa Melalui Model Pemberian Penguatan Verbal dan Non Verbal pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SD

Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Upaya Memotivasi Belajar Siswa Melalui Model Pemberian Penguatan Verbal dan Non Verbal pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV di SD (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas IV SDN Nyalindung III Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut)” ini ditulis oleh Nana Supriatna dan Risti Restyawati dari Program Studi Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bale Bandung.

Karya Tulis ini dimuat dalam Buku Kumpulan Karya Ilmiah Dosen Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung tahun 2019.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan situasi dan kondisi lingkungan yang sangat rendah dan tidak terciptanya pembelajaran yang nyaman bagi peserta didik maupun guru untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas IV SDN Nyalindung III Kecamatan  Cisewu Kabupaten Garut.

Dengan demikian peneliti sangat ingin sekali untuk menggali kemampuan belajar peserta didik khususnya pelajaran IPS dengan melalui model pemberian penguatan verbal dan non verbal. Adapun rumusan masalahnya: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPS dengan melalui model pemberian penguatan verbal dan non verbal, 2) Bagaimana hasil pembelajaran IPS dengan melalui pemberian penguatan verbal dan non verbal, 3) Apakah ada kelebihannya dalam pembelajaran IPS dengan melalui pemberian penguatan verbal dan non verbal. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Nyalindung III.

Melalui model pemberian penguatan verbal dan non verbal dapat dijadikan alternatif lain bagi guru dalam kegiatan belajar mengajar pada pembelajaran IPS. Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian yang terdiri dari dua siklus, dapat diketahui bahwa guru yang menggunakan model pemberian penguatan verbal dan non verbal mengalami peningkatan dalam keterampilan dan kemampuan pemahaman siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, lembar wawancara, lembar evaluasi, dan kamera foto.

 Melalui model pemberian penguatan verbal dan non verbal dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran IPS dapat dilihat dari hasil evaluasi peserta didik dari setiap siklusnya. Siklus I nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 68,15 dan siklus II nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik adalah 74,25 dengan KKM 62,00. Dari hasil penelitian diatas.

Peneliti menyimpulkan bahwa dengan melalui model pemberian penguatan verbal dan non verbal pada mata pelajaran IPS kelas IV SDN Nyalindung III Kecamatan Cisewu Kabupaten Garut, keterampilan dan kemampuan pemahaman peserta didik mengalami peningkatan dan berjalan kondusif dari siklus I sampai siklus II. 

Klik untuk mengunduh file