Hasil Penelitian Dosen Prodi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bale Bandung

Karya Tulis Ilmiah yang merupakan Hasil Penelitian Berjudul PENGARUH TEKNIK DISTRAKSI FILM KARTUN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN ANAK USIA 4-6 TAHUN PRE SIRKUMSISI DI KLINIK DR MULYA MUNADJAT DESA SUKAMUKTI KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG, ditulis oleh Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bale Bandung, Ganjar Safari, S.Kep., Ners. dan dibantu oleh seorang mahasiswa bernama Hanifah Azhar.

ABSTRAK

Anak yang akan melakukan sirkumsisi biasanya mengalami kesenangan juga kecemasan akibat tindakan bedah yang akan di alami. Kecemasan dapat di atasi dengan cara non farmakologi yaitu dengan memfokuskan perhatian pada suatu hal yang disukai anak misalnya menonton film kartun, menonton film kartun dapat mengurangi kecemasan karena memfokuskan pasien anak dengan hal lain selain nyeri yang dirasakan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh teknik distraksi visual film kartun terhadap tingkat kecemasan anak usia 4-6 tahun pre sirkumsisi. Penelitian ini menggunakan metode Pre Eksperiment Design (nondesign) dengan one group pra-post test design dengan teknik accidental sampling. Sampel dalam Penelitian ini 20 anak. Uji yang digunakan yaitu uji Wilcoxon Signed Ranks Test.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil terdapat pengaruh teknik distraksi visual film kartun terhadap tingkat kecemasan anak usia 4-6 tahun pre sirkumsisi di klinik. Sehingga hasil ini diharapkan klinik memakai prosedur pemberian teknik distraksi visual film kartun sebagai salah satu cara alternative non farmakologi untuk menurunkan tingkat kecemasan pre sirkumsisi. Luaran wajib penelitan ini adalah untuk di publikasikan pada jurnal nasional dan luaran tambahannya yaitu dapat dipresentasikan pada seminar nasional.
Kata kunci : kecemasan anak, Sirkumsisi, Film Kartun

KLIK DISINI untuk mengunduh