Asi Eksklusif

Kunkum M. Yusfar, S. Kep., Ners., M. HKes, MARS.; Ganjar Safari, S.Kep., Ners., MM.; Jahirin, S. Kep., Ners., MM. Program Studi Ilmu Keperawatan. Fakultas Ilmu Keperawatan. Universitas Bale Bandung. 2019.

ABSTRAK

Segudang mamfaat ASI eklusif bagi bayi dan ibu sudah tidak di ragukan lagi, Anugrah dari yang maha kuasa di berikan kepada sosok manusia kecil yang baru lahir agar memilki segala kebutuhan untuk tumbuh kembangnya. Demikian pula buat ibu yang baru melahirkan, segala mamfaat yang di terima sebagai bayaran mahal atas keiklasannya memberikan ASI secara eklusif kepada sang buah hati. Beberapa mamfaat umum dari ASI eklusif diantaranya : mencegah bayi terserang penyakit, membantu perkembangan otak dan fisik bayi, meningkatkan perkembangan kognitif, bayi memiliki berat badan yang ideal, memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi si bayi dan banyak lagi mamfaat-mamfaat lainya.Agar tujuan yang diharapkan berupa peningkatan pengetahuan ibu menyusui tentang asi ekslusif, ibu mampu dan mau melaksanakan program ASI eklusif dan sekaligus terampil dalam memberikan ASI eklusif maka pendidikan kesehatan diberikan melalui tahapan pemeriksaan fisik terhadap kondisi kesehatan ibu dan bayi, pemberian penyuluhan tentang ASI eklusif dan diikuti oleh silmulasi cara penatalaksanaannya yang pada akhirnya di persilahkan untuk mendemontrasikan cara memberikan ASI. Luaran yang diharapkan setelah pelaksanaan penyuluhan kesehatan (PKM) ini adalah sebagai berikut :

1. Peningkatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan buteki dalam memeberikan ASInya kepada sang buah hati

2. Menghasilkan laporan kegiatan PKM yang diserahkan dan disetujui oleh LPPM Universitas Bale Bandung dan diarsipkan di program studi ilmu keperawatan sebagai bukti terlaksananya PKM

Kata Kunci : ASI eklusif, Bayi, Buteki

KLIK DISINI untuk mengunduh