Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Pinjaman Yang Diterima Terhadap Penyaluran Kredit Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Dan Banten Tbk. Kantor Cabang Pembantu Ciparay Periode 2011-2017

Dede Nurjanah. E1A140008. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Bale Bandung. 2018.

ABSTRAK

Penelitian ini menganalisis gambaran serta Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Pinjaman Yang Diterima terhadap Penyaluran Kredit pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. Kantor Cabang Pembantu Ciparay. Disusun oleh Dede Nurjanah dibawah bimbingan Aditya Achmad Fathoni, SE.,M.M.,Ak.,CA.,CTA.,MD dan Isye Anggraeni, S.Ak., M.Ak., Ak., CA.

Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui gambaran masing-masing variabel serta analisis regresi linear berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dua variabel independen terhadap satu variabel dependen yang kemudian dilakukan uji hipotesis t serta uji hipotesis f untuk mengetahui tingkat signifikansi pengaruhnya. Adapun populasi serta sampel diambil selama 7 tahun yaitu periode 2011-2017.

Berdasarkan hasil analisis deskriptif bahwa Dana Pihak Ketiga, Pinjaman Yang Diterima dan Penyaluran Kredit dapat digambarkan mengalami fluktuatif dari tahun 2011 sampai dengan tahun 2017. Selanjutnya berdasarkan hasil uji hipotesis, secara simultan Dana Pihak Ketiga dengan hasil koefisien Determinasi sebesar 93.2% dan sisanya sebesar 6,80% merupakan variabel lain yang turut mempengaruhi Penyaluran Kredit tetapi tidak diteliti. Adapun secara parsial, Dana Pihak Ketiga berpengaruh signifikan terhadap Penyaluran Kredit dan Pinjaman Yang Diterima berpengaruh signifikan terhadap Penyaluran Kredit.

Kata kunci : Dana Pihak Ketiga, Pinjaman Yang Diterima dan Penyaluran Kredit