Efektivitas Jaringan Irigasi terhadap Pemenuhan Kebutuhan Air bagi Masyarakat di Daerah Irigasi Cirasea

Kania Putri Gustindari. B1A160011. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2020

A B S T R A K

Latar belakang pengambilan judul adalah Efektifitas jaringan irigasi terhadap pemenuhan kebutuhan air bagi masyarakat di Daerah Irigasi Cirasea Desa Pakutandang Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Adapun masalah yang dikemukakan dengan dirumuskan dalam bentuk pertanyaan adalah bagaimana efektifitas jaringan irigasi yang dikelola oleh pemerintah Provinsi untuk pemenuhan kebutuhan air bagi masyarakat dan pelaksanaan operasi jaringan irigasi yang oleh Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat. Teori-teori yang dikembangkan dalam penelitian skripsi ini diambil dari beberapa teoti yang banyak dikemukakan oleh para ilmuan seperti: Definisi air, pengetian air, sumber-sumber air, kebutuhan air manusia, pengertian irigasi, jaringan irigasi, bangunan irigasi, operasi dan pemeliharaan jaringan irigasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif naturalistik. Situasi sosial dalam penelitian ini adalah tempat penelitian dilakukan di Dusun Paledang Desa Pakutandang. Pelaku yang diteliti adalah penduduk, petani, dan pelaku usaha ekonomi yang berada di sepanjang Daerah Irigasi Cirasea, aktivitas yang diteliti adalah aktivitas masyarakat yang bermukim, bertani, dan melalui usaha ekonomi di sepanjang Daerah Irigasi Cirasea. Narasumber yang digunakan dalam penelitian ini adalah penduduk Dusun Paledang, petani yang bercocok tanam di Dusun Paledang, Petugas Pintu Air Daerah Irigasi Cirasea, Kepala Desa Pakutandang.

 Hipotesis yang diajukan oleh penulis dalam penelitian ini adalah Keberadaan jaringan irigasi yang ada di Daerah Irigasi Cirasea sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat karena secara geografis didukung oleh keadaan morfologi yang berbukit serta dilalui oleh aliran sungai sehingga menjadi sumber air untuk daerah irgasi, kondisi iklim dengan curah hujan yang cukup sehingga menjamin ketersediaan air yang mengalir di jaringan irigasi, keadaan jaringan irigasi yang baik dan terpelihara sehingga dapat selalu menyediakan, membagi, dan memberi air, dan pelaksanaan Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi yang baik sehingga pemanfaatan jaringan irigasi sangat efisien. Masyarakat di sekitar Daerah Irigasi Cirasea Desa Pakutandang sangat memanfaatkan sumber daya air dari jaringan irigasi untuk kebutuhan air sehari-hari; seperti MCK, kebutuhan pengairan pertanian, dan kolam ikan. Masyarakat di sekitar Daerah Irigasi yang tidak memanfaatkan sumber daya air dari jaringan irigasi untuk kebutuhan air baku menggunakan jaringan irigasi sebagai saluran pembuangan limbah air rumah tangga maupun limbah sisa industri kecil yang tidak berbahaya. Masyarakat merasakan efektifitas jaringan irigasi di Daerah Irigasi Cirasea karena kondisi jaringan irigasi dan pelaksanaan serta pemeliharaan jaringan irigasi yang baik sehingga memberikan begitu banyak manfaat dan tidak menimbulkan masalah atau kerugian. Pelaksanaan operasi jaringan irigasi menjadi efektif jika curah hujan cukup memenuhi debit air yang dibutuhkan masyarakat, kondisi jaringan irigasi yang baik, jumlah petugas pelaksana operasi jaringan irigasi yang cukup dan mempunyai integritas tinggi, pemeliharaan jaringan irigasi sebagai tindak lanjut, monitoring UPTD terhadap pelaksanaan operasi jaringan irigasi, dukungan dari pemerintah provinsi.

Kata kunci: Jaringan Irigasi dan Kebutuhan air masyarakat