Buku Karya Dosen FKIP

Buku Pengembangan Pembelajaran Melalui Literasi Digital (Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca Sebagai Implementasi Gerakan Nasional Literasi Digital) ini diterbitkan tahun 2021 dan ditulis oleh Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung,  Dr. Hj. Rina Andriani, M.Pd. 

Perkembangan teknologi dan informasi telah membawa generasi sekarang memasuki dunia literasi digital. Literasi digital sudah menjadi hal yang tidak asing lagi, baik di bidang akademik maupun nonakademik. Salah satu alternatif yang muncul terkait dengan literasi digital, yaitu beralihnya bahan bacaan fisik menjadi digital. Prinsip literasi digital yaitu memudahkan pembaca dalam mengakses informasi kapanpun dan dimanapun dibutuhkan, dalam hal ini menggunakan perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Begitu pula dengan proses pembelajaran, pembelajaran melalui literasi digital adalah pembelajaran yang memanfaatkan media digital, seperti alat komputer, jaringan internet dan perangkat teknologi. Ruang lingkup pembelajaran tersebut adalah kecakupan pengembangan pembelajaranyang dilaksanakan melalui literasi di sekolah, literasi di rumah, dan literasi di lingkungan masyarakat. Pengembangan pembelajaran tersebut meliputi komunikasi dengan guru dan teman melalui media sosial, mengirim tugas lewat email dan WhatsApp, pembelajaran daring atau online dengan aplikasi atau web, mencari sumber bahan pembelajaran di perpustakaan digital, buku elektronik dan melakukan penelusuran melalui browser internet, menyambungkan komputer dengan koneksi internet, dan menggunakan jaringan internet dalam berbagai kepentingan.

Andriani, Rina. 2021. Pengembangan Pembelajaran Melalui Literasi Digital (Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca Sebagai Implementasi Gerakan Nasional Literasi Digital). Bandung : CV. Dida.

ISBN : 978-623-98826-2-4

untuk mendapatkan buku ini  >>>>>>> Klik Disini <<<<<<<