AUDIT TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 STUDI KASUS PADA MA PERSIS 20 CIPARAY

Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Audit Teknologi Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 Studi Kasus pada MA Persis 20 Ciparay” ini ditulis oleh Rosmalina, dan Devti Septiantini dari Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bale Bandung.

Karya Tulis ini dimuat di halaman 1-15 dalam Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA Volume 01 Nomor 01, Desember 2019. yang diterbitkan oleh Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bale Bandung, dengan no. ISSN: 2716 – 4195.

ABSTRAK

Teknologi Informasi (TI) berperan dalam mendukung tujuan bisnis organisasi dengan menyediakan wadah informasi dan komunikasi yang yang cepat, mudah, dan akurat Kemudian meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses bisnis, mendukung pengambilan keputusan serta mendukung inovasi organisasi untuk berkembang. Sekolah MA PERSIS 2 Ciparay telah memanfaatkan peranan TI dalam proses pembelajaran, penggunaan TI sangan penting bagi sekolah maka untuk mengetahui sejauh mana penggunaan Teknologi Informasi apakah sudah sesuai dengan visi dan misi sekolah, sehingga kita dapat mengetahui apakah TI yang sedang digunakan sudah memenuhu atau menunjang strategi sekolah. Untuk mengetahui sampai dimana penggunaan TI maka peneliti melakukan audit terhadap TI yang sedang berjalan di MA PERSIS 20 Ciparay dengan menggunakan framework COBIT. Audit teknologi informasi mengacu pada standar COBIT yang digunakan yaitu COBIT 5.0, Domain yang digunakan adalah Align, plan, and Organize (APO) karena untuk mengetahui pencapaian perencanaan stategi terhadap penggunaan IT secara maksimal untuk pencapaian tujuan sekolah, dan menggunakan subdomain APO01 (Manage the IT management framework), APO02 Manage strategy dan APO03 (Manage enterprise architecture). Penelitian hanya melakukan Capability Level untuk mengetauhi sejauh mana penggunaan TI pada level 1 dan kemudian menghasilkan rekomondasi untuk perbaikan TI di masa yang akan datang.

Kata kunci : Teknologi Informasi, Audit, COBIT, APO, Capability Level

Klik untuk mengunduh file