SISTEM INFORMASI PERAWATAN TANAMAN BERBASIS INTERNET OF THINGS DI TAMAN BALAD CIPARAY KABUPATEN BANDUNG

Karya Tulis Ilmiah yang berjudul “Sistem Informasi Perawatan Tanaman Berbasis Internet of Things di Taman Balad Ciparay Kabupaten Bandung” ini ditulis oleh Rosmalina, Yaya Suharya dan Megantari Suhendar dari Fakultas Teknologi Informasi Universitas Bale Bandung.

Karya Tulis ini dimuat di halaman 1-9 dalam Infotech Journal Volume 7 Nomor 02, Juni 2021, yang diterbitkan oleh Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Majalengka, dengan no. E-ISSN: 2615-4250 dan no. P-ISSN : 2460-1861.

ABSTRAK

Balad merupakan salah satu tempat usaha, yang memiliki taman minimalis pada lantai dua. Pemberian air atau penyiraman serta pencahayaan terhadap tanaman, merupakan salah satu hal yang penting untuk menjaga agar tanaman dapat hidup dengan baik. Sistem Informasi pada perawatan tanaman berbasis Internet of Things membantu dalam mengumpulkan informasi terkait keadaan seperti kelembapan, suhu, kesuburan tanah, dan pemeriksaan tanaman yang dapat dikontrol melalui smartphone menggunakan jaringan internet. Internet of Things memanfaatkan pemilik tanaman untuk terhubung dengan kediaman atau tempat usahanya dari mana saja dan kapan saja. Struktur sensor jarak jauh menggunakan Microcontroller ESP8266 digunakan untuk memantau kondisi tanaman di taman Balad, tentunya untuk melihat kondisi dari jarak jauh. Perancangan Sistem Informasi Perawatan Tanaman berbasis Internet of Things, dapat mengurangi biaya dan memperbarui standar produktivitas dalam memelihara tanaman baik skala kecil dan lebih luasnya bila dibutuhkan dapat dikembangkan dalam skala besar.
Kata Kunci: Arduino, Sistem Informasi, Perawatan Tanaman, Internet of Things, ESP8266

Klik untuk mengunduh file