Hasil Penelitian Dosen Prodi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bale Bandung

Karya Tulis Ilmiah yang merupakan Hasil Penelitian Berjudul HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERILAKU
PASIEN DALAM PENCEGAHAN PENULARAN TUBERCULOSIS PARU DI UPT YANKES KECAMATAN PAMEUNGPEUK
KABUPATEN BANDUNG
, ditulis oleh Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bale Bandung, Siti Solihat Holida, S.Kp., M.M. dan dibantu oleh seorang mahasiswa bernama devi Ulfi Permatasari.

ABSTRAK

Tuberculosis masih menjadi masalah kesehatan di dunia. 1,5 juta orang meninggal akibat tuberculosis pada tahun 2014. Menurut World Health Organization (WHO), Tuberculosis (TBC) merupakan salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi bagi manusia. Insiden TBC diperkirakan ada 9,6 juta (kisaran 9,1-10 juta) yang setara dengan 133 kasus per 100.000 penduduk di seluruh dunia. Jumlah kasus TBC pada tahun 2014 sebagian besar terjadi di Asia (58%) dan Afrika (28%) ; 4 proporsi yang lebih kecil kasus terjadi di wilayah timur Mediterania (8%), Eropa (3%) dan Amerika (3%)”. (Global Tuberculosis Report 2015:11) . Tujuan kegiatan penelitian adalah bentuk perwujudan kegiatan tridharma pendidikan dalam kegiatan “Menganalisis hubungan Dukungan Keluarga Dengan Perilaku Pasien Dalam Pencegahan
Penularan Tuberculosis Paru Di Upt Yankes Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung. Tahapan Penelitian dilakukan melalui tahapan : Menempuh Prosedur Administrasif, Melakukan Pengumpulan Data, Melakukan Pengolahan data dan Melakukan analisis data. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Luaran yang di harapkan adalah memperoleh sebuah data deskriptif dan inferensial dari penelitian dimaksud serta menghasilkan laporan kegiatan Penelitain yang diserahkan dan disetujui oleh LPPM Universitas Bale Bandung dan diarsipkan di program studi ilmu keperawatan sebagai bukti terlaksananya Penelitian Dosen.
Kata Kunci : Dukungan keluarga, Tuberkulosis, perilaku pasien

KLIK DISINI untuk mengunduh