Hasil Penelitian Dosen Prodi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bale Bandung

Karya Tulis Ilmiah yang merupakan Hasil Penelitian Berjudul HUBUNGAN PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG DIARE DENGAN PERILAKU PENANGANAN DIARE PADA BALITA DI PUSKESMAS CIKARO WILAYAH KERJA UPTD MAJALAYA KECAMATAN MAJALAYA KABUPATEN BANDUNG, ditulis oleh Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bale Bandung, Siti Solihat Holida, S.Kp., M.M., dan dibantu oleh seorang mahasiswa bernama Wulan Purnama.

ABSTRAK

Diare merupakan salah satu penyakit system pencernaan yang sering dijumpai di masyarakat.Di Indonesia diare masih merupakan salah satu masalah kesehatan utama, Menurut hasil riset kesehatan dasar 2013 berdasarkan karakteristik penduduk, kelompok umur balita adalah kelompok yang paling tinggi menderita diare. Insiden diare pada kelompok usia balita adalah 10,2% dari seluruh balita di Indonesia yang menjadi sampel (Riskesdas, 2013). Tujuan kegiatan penelitian adalah bentuk perwujudan kegiatan tridharma pendidikan dalam kegiatan “Menganalisis hubungan pengetahuan keluarga tentang diare dengan perilaku penanganan diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Cikaro. Tahapan Penelitian dilakukan melalui tahapan : Menempuh Prosedur Administrasif, Melakukan Pengumpulan Data,
Melakukan Pengolahan data dan Melakukan analisis data. Luaran yang di harapkan adalah Memperoleh sebuah data deskriftif dan inferesnsial dari penelitian dimaksud serta Menghasilkan laporan kegiatan Penelitain yang diserahkan dan disetujui oleh LPPM Universitas Bale Bandung dan diarsipkan di program studi ilmu keperawatan sebagai bukti terlaksananya Penelitian Dosen.
Kata Kunci : Pengetahuan, perilaku, Diare.

KLIK DISINI untuk mengunduh