Hasil Penelitian Dosen Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung

Karya Tulis Ilmiah yang merupakan Hasil Penelitian Berjudul Penerapan Teknik Pengeditan oleh Teman dalam Penulisan Teks Eksplanasi Kompleks, ditulis oleh Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung, Deanty Rumandang Bulan, S.S., M.A. dan dibantu oleh seorang mahasiswa bernama Tuti Wahyuningsih.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) bagaimana kemampuan  menulis teks eksplanasi kompleks sebelum diterapkan teknik pengeditan oleh teman,  (2) bagaimana kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks sesudah diterapkan  teknik pengeditan oleh teman, dan (3) apa ada perbedaan signifikan antara sebelum dan  sesudah diterapkan teknik pengeditan oleh teman dalam pembelajaran menulis teks  eksplanasi kompleks. Penelitian kali ini peneliti menggunakan metode penelitian  kuantitatif. Metode penelitian pre-experimental design dengan jenis one grup pretest  and posttest design. Dengan menggunakan one grup pretest and posttest design, hasil  perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan  sebelum dan sesudah diberi perlakuan. hasil penelitian kemampuan menulis teks  eksplanasi kompleks sebelum diterapkan teknik pengeditan oleh teman dapat  diketahui, bahwa siswa yang mendapatkan nilai di atas rata-rata kelas (40,5) hanya  terdapat 10 orang siswa (33,3% dari jumlah siswa), sedangkan 20 orang siswa (66,7 %  dari jumlah siswa) masih di bawah nilai rata-rata. Berdasarkan perolehan nilai tersebut  dapat diketahui kemampuan siswa dalam menentukan menulis teks eksplanasi  kompleks sebelum menggunakan teknik pengeditan oleh teman 53,33%. Kemampuan  menulis teks eksplanasi kompleks sesudah diterapkan teknik pengeditan oleh teman  dapat diketahui, bahwa siswa yang mendapatkan nilai di atas rata-rata kelas (67,16)  hanya terdapat 12 orang siswa (40% dari jumlah siswa), sedangkan 18 orang siswa (60  % dari jumlah siswa) masih di bawah nilai rata-rata. Dengan membandingkan  perolehan nilai rata-rata, jelas terlihat adanya kenaikan nilai rata-rata sebesar 26,66.  Berdasarkan hasil perbandingan tersebut dapat diketahui bahwa kemampuan menulis  teks eksplanasi kompleks sesudah menggunakan teknik pengeditan oleh teman 70%  masuk ke dalam kategori baik ada peningkatan. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan  hasil t hitung (11,10) dan t tabel ( 1,70) pada taraf kepercayaan 95 % dengan derajat  kebebasan 29, terbukti t hitung lebih besar dari t tabel . Oleh karena itu, perbedaan rata rata kedua tes (pretest dan postest) terbukti signifikan yaitu t hitung (11,10) > t tabel (  1,70). 

Kata kunci: Teks eksplanasi kompleks, Teknik pengeditan oleh teman, Pre Experimental Design

KLIK DISINI untuk mengunduh