Hasil Penelitian Dosen Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung

Karya Tulis Ilmiah yang merupakan Hasil Penelitian Berjudul Penerapan Media Puzzle dalam Pembelajaran Teks Menulis Prosedur, ditulis oleh Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung, Neneng Maelasari, M.Pd., dan dibantu oleh seorang mahasiswa bernama Hani Awaliyah.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan siswa dalam pembelajaran  menulis teks prosedur masih tergolong rendah. Adapun tujuan penelitian ini adalah  untuk menjelaskan: (1) kemampuan siswa kelas VII SMP Tunas Pembangunan  sebelum mengikuti pembelajaran dengan media puzzle; (2) kemampuan siswa kelas  VII SMP Tunas Pembangunan sesudah mengikuti pembelajaran dengan media puzzle;  dan (3) ada tidaknya perbedaan yang signifikan dalam peningkatan hasil pembelajaran  dalam menulis teks prosedur. Hal tersebut dilakukan dengan cara membandingkan pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan media puzzle dan pembelajaran  menulis teks prosedur secara konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian  ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design  yang melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Tunas  Pembangunan tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel penelitian menggunakan  teknik purposive sampling. Berdasarkan pertimbangan telah ditentukan kelompok  eksperimen adalah kelas VII C yang terdiri dari 30 siswa, sedangkan kelompok kontrol  adalah kelas VII B yang terdiri dari 30 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik  tes kemampuan menulis teks prosedur dan nontes berupa angket. Teknik analisis data  dilakukan sebanyak dua kali yaitu analisis data pretest dan posttest. Dalam perhitungan  diperoleh nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen yaitu 40,7 dan kelompok kontrol  40,3. Kemudian diperoleh nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen yaitu 75,5 dan  kelompok kontrol yaitu 55. Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t, dimana hasil  perhitungan diperoleh yaitu 5,43. Dari hasil analisi diperoleh temuan bahwa terdapat  perbedaan yang signifikan dalam peningkatan hasil belajar siswa yang mengunakan  media puzzle dengan yang tidak menggunakan media puzzle. Hasil belajar siswa yang  menggunakan media puzzle lebih tinggi dibandingkan hasil belajar siswa yang tidak  menggunakan media puzzle, karena hasil perhitungan membuktikan bahwa thitung (5,43) > ttabel (1,77). 

Kata kunci: Menulis, Teks Prosedur, Media Puzzle

KLIK DISINI untuk mengunduh