Hasil Penelitian Dosen Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung

Karya Tulis Ilmiah yang merupakan Hasil Penelitian Berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Persuasi dengan Menggunakan Video Pendidikan, ditulis oleh Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung, Dr. Hj. Rina Andriani, M.Pd. dan dibantu oleh seorang mahasiswa bernama Rofi Nurhafdiniah.

ABSTRAK

Penelitian ini berjudul Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks  Persuasi dengan Menggunakan Media Video Pendidikan. Latar belakang penelitian ini  adalah masalah yang dihadapi siswa dalam menulis berkaitan dengan sulitnya  menentukan tema, mengembangkan bahasa yang menarik, kurang semangat belajar.  Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: a). Bagaimanakah perencanaan  pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media video pendidikan di  SMP Handayani 1 Banjaran Tahun Ajaran 2018/2019. b) Bagaimanakah pelaksanaan  pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media video pendidikan di  SMP Handayani 1 Banjaran Tahun Ajaran 2018/2019. c) Bagaimanakah hasil  pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media video pendidikan di  SMP Handayani 1 Banjaran Tahun Ajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini yaitu untuk  mendeskripsikan: a) perencanaan pembelajaran menulis teks persuasi dengan  menggunakan media video pendidikan di SMP Handayani 1 Banjaran Tahun Ajaran  2018/2019. b) pelaksanaan pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan  media video pendidikan di SMP Handayani 1 Banjaran Tahun Ajaran 2018/2019. c)  hasil pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media video  pendidikan di SMP Handayani 1 Banjaran Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini  yaitu siswa kelas VIII H SMP Handayani 1 Banjaran Tahun Ajaran 2018/2019 dengan  jumlah 25 orang. Dengan media video pendidikan siswa dapat lebih efektif dalam  mengungkapkan ide melalui tulisan. Hasil pembelajaran menulis teks persuasi dengan  menggunakan media video pendidikan pada umumnya mengalami peningkatan pada  tes prasiklus nilai rata-rata siswa yaitu 53, dari data tersebut terlihat jelas kemampuan  menulis teks persuasi masih banyak siswa yang rendah. pada siklus I nilai rata-rata  siswa yaitu 65.2, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 80. Data tersebut  membuktikan pembelajaran menulis teks persuasi dengan menggunakan media video  pendidikan dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa khususnya menulis teks  persuasi. 

KLIK DISINI untuk mengunduh