Hasil Penelitian Dosen Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung

Karya Tulis Ilmiah yang merupakan Hasil Penelitian Berjudul Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fabel dengan Menggunakan Media Pop Up, ditulis oleh Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung, Rae Dadela, S.S., M.Pd. dan dibantu oleh seorang mahasiswa bernama Hapidah Nurhasanah.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan penulis selama melaksanakan  kegiatan belajar pada waktu PPL di SMP Handayani I Banajaran tentang minat dan  kemampuan siswa dalam menulis cerita yang masih rendah. Penggunaan media pop up diharapkan dapat membantu memudahkan siswa dalam mendapatkan ide dan  mengembangkan ide dalam pembelajaran menulis cerita fabel. Permasalahan yang  akan dibahas pada penelitian ini bagaimana proses perencanaan, pelaksanaan, dan hasil  pembelajaran menulis cerita fabel dengan menggunakan media pop up. Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui: (1) perencanaan pembelajaran menulis cerita fabel  dengan menggunakan media pop up; (2) pelaksanaan pembelajaran menulis cerita  fabel dengan menggunakan media pop up; (3) hasil pembelajaran menulis cerita fabel  dengan menggunakan media pop up. Pop up adalah salah satu buku yang memiliki  kelebihan dalam tampilan isi buku yang menarik dan dapat bergerak jika dibuka  halamannya. Penelitian ini dilakukan kepada kelas VII-A SMP Handayani 1 Banjaran  yang berjumlah 29 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari  empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pop up dapat meningkatkan  keterampilan menulis cerita fabel. Dari 29 orang siswa saat pembelajaran menulis  cerita fabel dengan menggunakan media pop up dapat meningkatkan keterampilan  menulis cerita fabel dan membantu mengembangkan ide. Hal tersebut dapat dilihat dari  persentase total skor yang di peroleh pada setiap aspek aktivitas guru dan siswa yaitu  sebagai berikut. (1) aktivitas guru pada siklus I dengan persentase total skor yang  diperoleh yaitu 86,60% meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. (2) aktivitas siswa  pada siklus I dengan persentase total skor yang diperoleh yaitu 75% meningkat menjadi  85,71% pada siklus II. Data tersebut menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan  proses dari segi guru dan siswa dalam pembelajaran menulis fabel menggunakan media  pop up. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklu II yaitu  sebagai berikut. (1) total nilai seluruh siswa pada siklus I mencapai 1856,25, (2) nilai  rata-rata siswa yaitu 68,75. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu (1) total nilai  mencapai 2117,25, (2) nilai rata-rata siswa yaitu 78,41.

KLIK DISINI untuk mengunduh