Hasil Penelitian Dosen Prodi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bale Bandung

Karya Tulis Ilmiah yang merupakan Hasil Penelitian Berjudul HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN SIKLUS
MENSTRUASI PADA MAHASISWI SEMESTER VIII UNIVERSITAS BALE BANDUNG
, ditulis oleh Dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Bale Bandung, Siti Solihat Holida, S.KP., M.M. dan dibantu oleh seorang mahasiswa bernama Enur Maulani Rahmah.

ABSTRAK

Kebimbangan demikian bagi mahasiswa tidak jarang menimbulkan bentuk tidak nyaman yang biasanya berupa perasaan gelisah, takut, khawatir yang merupakan manifestasi dari faktor psikologis dan fisiologis. Biasanya perasaan-
perasaan ini disertai oleh rasa kurang percaya diri, tidak mampu, merasa rendah diri, dan tidak mampu menghadapi suatu masalah. Perasaan ini lebih memasyarakat dengan istilah kecemasan (Mansjoer, 2005, dalam Dhongu, 2017:
600). Mahasiswa rentan terhadap kecemasan, stresor psikososial adalah salah satu pencetus adanya kecemasan pada mahasiswa dimana setiap keadaan dapat menyebabkan perubahan dalam kehidupan seseorang sehingga orang itu terpaksa beradaptasi atau menanggulangi stresor yang timbul. Perubahan lingkungan belajar juga menjadi salah satu faktor pencetus kecemasan pada mahasiswa (Suherman, 2016: 25). Fenomena kecemasan pun dirasakan meningkat oleh mahasiswi semester VIII UNIBBA dalam beberapa bulan terakhir. Penyebab utamanya adalah dikejar waktu dalam penyusunan tugas akhir, banyaknya praktikum yang menyita waktu, pembayaran perkuliahan yang tertunda harus
beres menjelang akhir pendidikan, selain itu pada fakultas tertentu banyaknya SKS yang harus diambil menyebabkan beban stresor semakin meningkat. Tujuan Penelitian adalah bentuk perwujudan kegiatan tridharma pendidikan dalam kegiatan “Menganalisis Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Siklus Menstruasi Pada Mahasiswi Semester VIII Universitas Bale Bandung. Tahapan Penelitian dilakukan melalui tahapan : Menempuh Prosedur Administrasif, Melakukan Pengumpulan Data, Melakukan Pengolahan data dan Melakukan analisis data. Metode penelitian yang di gunakan adalah kwantitatif korelasional. Luaran yang di harapkan adalah Memperoleh sebuah data deskriptif dan inferesnsial dari penelitian dimaksud serta Menghasilkan laporan kegiatan Penelitain yang diserahkan dan disetujui oleh LPPM Universitas Bale Bandung dan diarsipkan di program studi ilmu keperawatan sebagai bukti terlaksananya Penelitian Dosen.
Kata Kunci : Mahasiswa, Menstruasi, Cemas, Tugas akhir

KLIK DISINI untuk mengunduh