Upaya Meningkatkan Ketermapilan Menulis Cerita Pendek Dengan Menggunakan Metode Example Non Example (Penelitian Tindakan Kelas terhadap siswa Kelas XI MA Nusantara Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

RANI NURRFITRIANI. B1C150067. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2019.

ABSTRAK

Peningkatan keterampilan menulis cerita pendek memerlukan perhatian yang khusus karena dalam keterampilan ini siswa dilatih menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Selain itu juga melatih siswa untuk meningkatkan imajinasinya. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, diketahui bahwa kondisi keterampilan menulis cerita pendek siswa kelas XI MA Nusantara belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh kurangnya ide dari siswa yang akan dituangkan dalam cerita pendek. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) bagaimana perencanaan pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek dengan metode Example Non Example terhadap siswa kelas XI MA Nusantara? 2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek dengan metode Example Non Example terhadap siswa kelas XI MA Nusantara? 3) bagaimana hasil pembelajaran keterampilan menulis cerita pendek dengan metode Example Non Example terhadap siswa kelas XI MA Nusantara?. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) perencanaan pembelajaran menulis cerita pendek dengan metode Exmple Non Example terhadap siswa kelas XI MA Nusantara. 2) pelaksanaan pembelajaran menulis cerita pendek dengan metode Example Non Example terhadap siswa kelas XI MA Nusantara. 3) penilaian atau hasil pembelajaran menulis cerita pendek dengan metode Example Non Eexample terhadap siswa kelas XI MA Nusantara. Subjek penelitiannya adalah keterampilan menulis ceita pendek. Adapun sumber data dari penelitian ini adalah siswa kelas XI MA Nusantara terdiri atas 21 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Setelah pelaksanaan penelitian, hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Example Non Example adanya peningkatan. Pada tes tahap siklus 1 dengan nilai rata-rata 70,04% dan pada siklus 2 memperoleh dengan nilai rata-rata 79,14%. Peningkatan siklus tersebut juga diikuti dengan perubahan sikap kearah yang lebih baik. Keterampilan menulis cerita pendek dengan metode Example Non Example dapatdikatakan berhasil dalam pembelajaran menuis cerita pendek.