Analisis Laju Pertumbuhan Penduduk di Kecamatan Cicendo Kota Bandung

Muhamad Taufik Efendi. B1A160004. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2020

ABSTRAK

Kependudukan menjadi pembahasan fundamental yang melekat erat dengan kehidupan penduduk, khususnya diwilayah perkotaan seperti kecamatan Cicendo kota Bandung yang dituangkan dalam skripsi berjudul “Pengaruh Laju Pertumbuhan Penduduk Terhadap Ketersediaan Fasilitas Pendidikan, Ekonomi  Dan Kesehatan Di Kecamatan Cicendo Kota Bandung”.

Dilatar belakangi perkembangan penduduk yang selalu mengalami perubahan dari tahun ke tahun, hal itu membuat laju pertumbuhan penduduk kecamatan Cicendo akan sangat berpengaruh terhadap ketersediaan fasilitas – fasilitas yang ada disekitarnya.

Mengambil sampel dua wilayah penelitian dari kecamatan Cicendo untuk dilakukan Analisis lebih mendalam dengan teknik analisa  data sekunder.

Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif menarik sebuah kesimpulan ada perbedaan pertumbuhan disetiap tahunnya, mulai dari 0,1 % atau lambat. Namun dalam hal kepadatan, disepanjang 2015 – 2019 terjadi kepadatan secara statis. Maka dari itu proyeksi penduduk pada tahun selanjutnya dan analisa kebutuhan fasilitas – fasilitas sosial ekonominya pun akan terus berbeda disetiap tahunnya.

Pemerintah sebaiknya memberikan perhatian lebih terhadap kependudukan ini, karena jika tidak, maka pertumbuhannya suatu saat akan tinggi dan tidak terkendali. Selain itu, diharapkan pemerintah juga menjadi melihat reliatas yang terjadi bahwa tumbuh atau bertambahnya penduduk akan memicu kepadatan dan pengurangan lahan terbuka. Maka dari itu, perlu adanya kebijakan yang lebih mengikat dan sifatnya tegas agar kependudukan ini bisa terkendali dan lebih terencana, dengan kebijakan yang tepat juga akan yang berperan dalam kemajuan kecamatan Cicendo kota Bandung.

Dengan kebijakan dan regulasi yang tepat maka pemerintah sendiri yang akan dimudahkan dalam segala perencanaan pembangunan diberbagai sektor maupun fasilitas – fasilitas umum, baik dibidang pendidikan, ekonomi maupun kesehatan.

Kata kunci : Pertumbuhan, Kepadatan, Proyeksi, Fasilitas Umum.