Pengaruh Keberadaan Industri dalam Peningkatan Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Jagabaya Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung

Imam Heriyadi. B1A160006. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2020.

ABSTRAK

Pembangunan industri sebagai bagian dari proses pembangunan nasional dalam menigkatkan pertumbuhan ekonomi telah membawa perubahan terhadap kehidupan masyarakat. Salah satunya adalah Kabupaten Bandung yang merupakan kawasan industri dimana industri berdiri di kawasan ini baik skala kecil, sedang dan besar.  Dengan adanya industri masyarakat Desa Jagabaya Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung merasakan fenomena kehidupan sosial ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberadaan industri pada peningkatan sosial ekonomi masyarakat. Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif dan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan angket dengan teknik pengambilan Populasi dan sampel. Penelitian ini melibatkan karyawan industri yang terwawancara dengan perempuan dan laki-laki lalu penyebaran angket dengan membaginya pada responden laki-laki dan responden perempuan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut terdapat hasil bahwa nilai kekeluargaan yang masih terjalin baik, interaksi masyarakat terjalin dengan baik, masyarakat memiliki kesadaran akan mutu pendidikan yang tinggi, tunjangan kesehatan merata. Sedangkan dari sisi ekonomi adalah penghasilan tambahan, memiliki etos kerja yang baik yaitu disiplin dan rajin, tunjangan ada yang tidak merata, tingkat kesejahteraan berbeda-beda, pendapatan ekonomi tidak merata.

Kata kunci : Pengaruh Industri, Sosial Ekonomi, Masyarakat Desa Jagabaya