Budidaya Tanaman Jeruk Keprok Oleh Kelompok Tani Untuk Meningkatkan Kondisi Ekonomi Di Desa Sindangsari Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung

Elma Nurul Rahimah. B1A160018. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2020.

ABSTRAK

Latar belakang masalah penelitian ini ialah Negara Indonesia merupakan negara agraris, di mana kehidupan masyarakatnya masih tergantung dari hasil pertanian dan salah satu komoditas pertaniannya adalah tanaman jeruk. Tanaman jeruk sudah lama dibudidayakan di Indonesia dan di negara tropis Asia lainya.  Desa Sindangsari mempunyai potensi penghasil jeruk yang baik. Selain itu juga dapat meningkatkan perekonomian di Desa Sindangsari.

Masalah yang di fokuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana budidaya tanaman jeruk keprok untuk meningkatkan kondisi ekonomi di wilayah Desa Sindangsari Kecamatan Paseh Kabupaten Bandung dan apa saja faktor geografis yang mendukung budidaya tanaman jeruk di Desa Sindangsari, serta nilai apa saja yang dapat diambil dari hasil penelitian menjadi bahan ajar di sekolah.

Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah penduduk Desa Sindangsari dan sampelnya di RW 09 dan RW 10 yang jumlahnya 25 orang.

Hasil dari penelitian ini budidaya tanaman jeruk keprok dapat di jadikan salah satu mata pencaharian dan mampu membantu perekonomian warga di Desa Sindangsari karena penghasilannya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari keluarganya.

Kesimpulan dari penelituan ini Desa Sindangsari merupakan sebuah wilayah yang terletak di bagian timur di Kabupaten Bandung, budidaya tanaman jeruk keprok di Desa Sindangsari mampu membantu perekonomian dan memberikan penghasilan yang cukup dari penanaman jeruk keprok untuk menghidupi keluarga, faktor geografis yang mendukung budidaya jeruk keprok di Desa Sindangsari Kecamatan Paseh dengan adanya mata air di daerah tersebut sangat membantu pengairan tanaman jeruk keprok karena tidak pernah kering meskipun musim kemarau sehingga petani tidak sampai membeli air. Nilai-nilai yang bisa diambil dari hasil penelitian ini untuk bahan ajar yaitu, sikap disiplin, teliti, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi: Memahami Ekonomi Masyarakat.

Saran Kepada pengelola  kebun jeruk jersi yang penulis teliti supaya lebih meningkatkan lagi fasilitas yang tersedia di kebun jeruk agar pengunjung bisa semakin tertarik untuk datang dan memberikan peningkatan kehidupan yang lebih sejahtera lagi.

Kata Kunci: Budidaya, Kelompok Tani, Jeruk Keprok, Kondisi Ekonomi