Pengaruh Sistem Tanam Jajar Legowo Terhadap Peningkatan Produktivitas Padi Di Desa Cibodas Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung

Windi Pitriyani. B1A150004. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2019.

ABSTRAK

Sistem tanam jajar legowo adalah sistem tanam memanipulasi lahan yang ada dengan cara mengatur jarak tanam agar mampu menampung populasi tanaman lebih banyak dengan tanaman efek pinggir yang lebih banyak. Pada sistem ini jarak tanam diatur sedemikian rupa sehingga dalam satu petak lahan pertanaman akan memiliki beberapa lahan kosong dengan jarak yang lebih lebar dari pada jarak antara barisan tanaman.

Adapun rumusan masalah yang diajukan dalam penelian ini adalah : Bagaimana cara penanaman sistem tanam jajar legowo di Desa Cibodas Kecamatan Solokan jeruk Kabupaten Bandung? Apakah ada perbandingkan produktivitas padi antara penanaman sistem tanam jajar legowo dengan sistem tanam tegel/biasa? Bagaimana kebijakan Pemerintah terhadap penanaman padi sistem jajar legowo? Nilai-nilai apa saja yang dapat diambil dari hasil penelitian menjadi bahan ajar?

Pengambilan sampel penelitian ada dua tahap yaitu sampel wilayah dan sampel manusia dengan menggunakan rumus Tatoyamane (2008), Dixon dan B.Leach (2005), didapat untuk sampel wilayah sebanyak 6 RW dan untuk sampel manusia berjumlah 50 orang. Untuk di RW 04 sebanyak 7 orang, di RW 05 sebanyak 7 orang, di RW 06 sebanyak 9 orang, di RW 07 sebanyak 10 orang, di RW 08 sebanyak 7 orang dan di RW 17 sebanyak 10 orang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  deskriptif veripikatif yaitu dengan cara mengumpulkan, penyusunan, menganalisis dan menginterprestasikan dari hasil di lapangan dengan maksud memecahkan masalah dengan teknik pengambilan data observasi lapangan, angket/koesioner, studi dokumentasi,serta studi kepustakaan. Dalam menganalisis data yang sudah dikumpulkan penulis menggunakan perhitungan presentase.

Hasil dari  penelitian ini  adalah di Desa Cibodas Kebanyakan penduduknya sebagai petani lahan sawah. lahannya cocok untuk dijadikan daerah pertanian di tunjang dengan keadaan hidrologi, morfologi,iklim,topografi, ekonomi dan pengetahuan serta Sistem yang diterapkan kepada petani yaitu sistem tanam jajar legowo. Hal ini berpengaruh karena Sistem Tanam Jajar Legowo 100% dapat meningkatkan Produktivitas Padi dan meningkatkan Perekonomian Masyarakat khususnya Petani Padi. Informasi yang diperoleh para petani mengenai pertanian sebagian besar dari orang tua secara temurun, dari kelompok tani dan Penyuluh.

Kata Kunci : Sistem Tanam Jajar Legowo, Peningkatan Produktivitas Padi.