Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMP PENIDA Katapang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2020/2021

Sinta Rosita. B1D160015. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2020.

ABSTRAK

Rosita, Sinta. 2020. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Penida Katapang Kabupaten Bandung. Skripsi, Pendidikan Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bale Bandung. Pembimbing Skripsi: Sari Sri Handani, M.Pd dan Sri Andar, M.Pd.

Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar pada siswa, salah satu faktor yang sangat mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah kondisi sosial pada pada siswa tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti merumuskan masalah sebagaai berikut (1) Bagaimana kondisi sosial ekonomi orang tua siswa kelas VIII SMP Penida Katapang Tahun Ajaran 2019/2020, (2) Bagaimana prestasi siswa belajar IPS di kelas VIII SMP Penida Katapang Tahun Ajaran 2019/2020, (3) Seberapa besar pengaruh kondisi sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar IPS di kelas VIII SMP Penida Katapang Tahun Ajaran 2019/2020.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1)Mengetahui kondisi sosial ekonomi orang tua siswa, (2)Mengetahui prestasi belajar IPS, (3)Mengetahui bagaimana pengaruh kondisi sosial ekonomi terhadap prestasi belajar IPS kelas VIII di SMP Penida Katapang Kabupaten Bandung.

Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, instrument yang digunakan yaitu angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Penida Katapang dengan jumlah 63 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana, determinasi, dan uji t.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi sosisl ekonomi orang tua termasuk dalam kategori rendah (50,8%). Prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Penida Katapang termasuk dalam kategori kurang (34,9%) . Ada pengaruh yang signifikan antara kondisi sosial ekonomi orang tua terhadapa prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Penida Katapang Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020.

Saran yang diberikan adalah prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah kondisi sosial ekonomi orang tua, maka masih perlu orang tua untuk mencukupi kebutuhan belajar siswa untuk dapat meningkatkan prestasi belajar anak.

Kata Kunci : Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua, Prestasi Belajar