Implementasi Peraturan Bupati Bandung Nomor 3 Tahun 2019 Tentang Pelaksanaan Bantuan Keuangan Program Raksa Desa Tahun Anggaran 2019 (Di Desa Jagabaya Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung)

Tineu Tresnawati. D1A160009. Program Studi Ilmu Pemerintaham. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Bale Bandung.

ABSTRAK

Program Raksa Desa merupaka salah satu program pembangunan yang dilaksanakan oleh Desa dengan bantuan Kabupaten. Program pembangunan rumah tidak layak huni serta bantuan air bersih  di Desa Jagabaya karena masih banyak masyarakat di beberapa wilayah Desa  Jagabaya yang membutuhkan hunian yang layar serta aliran listrik gratis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyelenggaraan Program Raksa Desa, jenis program yang menunjang partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, sertamengetahui kelebihan dan kekurangan program pembangunan Raksa Desa tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dimana teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian yang diambil dalam penelitian ini yaitu perangkat desa yang dianggap mengetahui banyak informasi mengenai penelitian ini. Kajian teori dalam penelitian ini mengacu pada konsep pembangunan, pemberdayaan masyarakat, serta konsep partisipasi masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil penyelenggaraan Program Raksa Desa melalui beberapa tahapan yaitu adanya perencanaan, pelasanaan program, sera hasil penyelenggaraan Program Raksa Desa. Jenis kegiatan yang menunjang partisipasi masyarakat dan pemberdayaan masyarakat pada Program Raksa Desa di Desa Jagabaya yaitu pembangunan rumah tidak layak huni dan bantuan air bersih, dimana program tersebut dipilih atas data kebutuhan yang diperoleh pemerintah desa dari masyarakat. Faktor penguat dalam pelaksanaan program pembangunan rumah tidak layak huni yaitu rasa kekeluargaan masyarakat terhadap tetangga membuat pembangunan berjalan dengan baik. Faktor pelemah dalam pelaksanaan program penyelenggaraan Raksa Desa yaitu pengelolaan dana yang dilakukan pemerintahan desa harus dipertimbangkan. Hal tersebut supaya pembangunan Sabilulungan di Desa Jagabaya bisa terealisasikan dengan semestinya.

Kata Kunci : Pemberdayaan Masyarakat, Partisipasi Masyarakat, Program Raksa Desa