Penerapan Pembelajaran Tugas Mandiri Pada Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran IPS Di Kelas VIII Smpn 8 Kabupaten Sumedang

Dewi Nursetio Rahayu Indah. 214180045. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial. Universitas Bale Bandung.

ABSTRAK

Data hasil pengamatan aktivitas siswa yang berjumlah 32 siswa dalam penerapan penggunaan pembelajaran tugas mandiri pada pembelajaran jarak jauh mata pelajaran IPS dihasilkan data sebagai berikut. Ranah afektif ditunjukkkan pada aktivitas siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Siswa yang aktif dalam menyampaikan gagasan sendiri 67%, mencari informasi yang ada dalam media massa cetak 57%, yang berani untuk bertanya 49% dan kalau dirata-rata menghasilkan angka 58%. Ranah kognitif ditunjukkkan pada aktivitas siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran sebagai berikut. Siswa yang menjawab pertanyaan soal yang diberikan 74%, mengerjakan tugas mandiri 61%, dan yang mengerjakan tugas dari modul/lembar kerja siswa  77%. Jadi kalua dirata-rata menghasilkan angka 71%. Dilihat dari angka-angka di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran jarak jauh yang diselenggarakan di SMP Negeri 8 Sumedang belum didikuti oleh semua siswa. Dari ranah afektif hanya 58% dari sebanyak 32 siswa yang terlibat dalam pembelajaran, sedangkan dari ranah kognitif hanya 71% yang menyetorkan tugas dari tiga jenis tugas yang diberikan oleh guru.