Alih Fungsi Lahan Dari Sawah Menjadi Perumahan Di Kampung Gumuruh Desa Nagrak Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung

Silvi Nur Alinda. 201170014. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2021.

ABSTRAK

Lahan sudah menjadi salah satu unsur utama dalam menunjang kelangsungan kehidupan, kongkritnya lahan difungsikan sebagai tempat manusia beraktivitas untuk mempertahankan eksistensi, aktivitas yang pertama kali dilakukan adalah pemanfaatan lahan untuk bercocok tanam, lahan bagi petani merupakan salah satu unsur yang paling fundamental, sebab dari lahan inilah mereka menggantungkan hidupnya untuk digunakan bercocok tanam. Alih fungsi lahan atau lazimnya disebut sebagai konversi lahan adalah perubahan fungsi sebagian atau seluruh kawasan lahan dari fungsinya semula (seperti yang direncanakan) menjadi fungsi lain yang menjadi dampak negatif (masalah) terhadap lingkungan dan potensi lahan itu sendiri. Alih fungsi lahan juga dapat diartikan sebagai perubahan untuk penggunaan lain disebabkan oleh faktor-faktor yang secara garis besar meliputi keperluan untuk memenuhi kebutuhan penduduk yang makin bertambah jumlahnya dan meningkatnya tuntutan akan mutu kehidupan yang lebih baik.

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetaui bagaimana  penyebab alih fungsi lahan dari sawah menjadi perumahan dan faktor-faktor yang menyebabkan perkembangan perumahan di Kampung Gumuruh Desa Nagrak Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung.

Data yang digunakan yaitu data primer dengan wawancara dan angket secara langsung serta data sekunder yang diperoleh dari badan terkait. Pengolahan data ini dilakukan dengan metode persentase.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya alih fungsi lahan dari sawah menjadi perumahan, diantaranya Pemilik lahan yang memilih untuk menjual lahannya karna harga nya sedang tinggi ada juga karna yang sedang membutuhkan uang, dll. Kebutuhan tempat tinggal yang tinggi, Lahan yang sangat strategis untuk dijadikan perumahan, ekonomi masyarakat juga berpengaruh terjadinya alih fungsi lahan. Perkembangan yang terjadi bisa dibilang begitu cepat dari tahun ke tahun, beberapa faktor penyebab nya yaitu letak geografis suatu perumahan sangat menentukan keberhasilan pembangunan suatu kawasan, Topografi Desa Nagrak, lingkungan alam dapat mempengaruhi kondisi perumahan, sehingga menambah kenyamanan penghuni perumahan, kebutuhan tempat tinggal yang tinggi, perkembangan penduduk yang tinggi dan penyebaran penduduk yang tidak merata.

Kata Kunci : Lahan, Alih Fungsi Lahan, Faktor Penyebab, Perkembangan.