Profil Petani Sawi Di Desa Malasari Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung

Galpianus Batuk. 201170032. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2021.

ABSTRAK

Profil petani merupakan gambaran dan potensi pribadi yang dimiliki oleh petani dalam mengelola usaha tani untuk memperoleh hasil panen. Lahan pertanian budidaya tanaman sawi di Desa Malasari memiliki yang cukup luas.Tanaman sawi memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap tingkat kesejahteraan petani sawi di Desa Malasari di karenakan sawi memiliki harga jual yang cukup tinggi sehingga dapat menjadi jaminan dalam memenuhi kebutuhan hidup.

Pengambilan sampel penelitian ada dua tahap yaitu sampel wilaya dan sampel manusia dengan menggunakan rumus Tatoyamne (2008), Taro Yamane dalam Nureni (2011),di dapat hasil untuk sampel wilaya sebanyak 3 tempat dengan menggunakan untuk sampel manusia sebanyak 79 orang.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan teknik pengambilan data yang sudah mengumpulkan penulis dengan menggunakan hitungan presentase.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa profil petani sawi di Desa Malasari faktor fisiknya adalah: ketersedian Air,jenis tanah,dan iklim  dan profil petani sawi faktor sosialnya adalah: pendidikan, usia, luas lahan, kepemilikan lahan, modal, pemasaran, pendapatan, pengalaman bertani, partisipasi, memperoleh benih, pupuk, pestisida, biaya tetap,biaya variabel, biaya benih, pupuk, pestisida, tenaga kerja, dan biaya tranportasi.

Untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh gelar S1 Geografi universitas bale Bandung.semoga skripsi ini bermainfaat bagi para pembaca,khususnya bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bale Bandung Saya sadari bahwa penulisan skripsi ini masih jauh dari kata sempurna oleh sebab itu penulis sangat berharap adanya kritik dan saran yang membangun bagi penulis untuk kedepan yang lebih baik. Kata kunci: Budayakan Tanaman Sawi.