Pengaruh Likuiditas Dan Solvabilitas Terhadap Profitabilitas Pada Cv. Three Mountain

Fajar Mustofa Kandioh. E1A160048. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Bale Bandung. 2020.

ABSTRAK

Penelitian ini menganalisis pengaruh Likuiditas dan Solvabilitas terhadap Profitabilitas pada CV. Three Mountain periode 2016 – 2018.

Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, yaitu untuk mengetahui pengaruh dua variabel independen terhadap satu variabel dependen. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan publikasi CV. Three Mountain serta sampel diambil selama 3 tahun secara triwulanan yaitu dari tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 sebanyak 12 semester dengan menggunakan laporan Laba Rugi dan Neraca untuk memperoleh data Likuiditas, Solvabilitas, dan Profitabilitas .

Berdasarkan hasil penelitian bahwa Likuiditas dengan menggunakan Current Ratio (CR) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas, Solvabilitas dengan menggunakan Debt to Asset Ratio (DER) secara parsial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Profitabilitas, namun secara simultan Likuiditas dan Solvabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas. Adapun hasil Koefisien Determinasi sebesar 89,1% dan sisanya sebesar 10,9% merupakan variabel lain yang turut mempengaruhi Profitabilitas tetapi tidak diteliti. Profitabilitas dalam penelitian ini menggunakan Return on Investmen (ROI.)

Kata kunci :   Likuiditas, Solvabilitas dan Profitabilitas