Analisis Unsur Intrinsik Novel Komet Minor Karya Tere Liye Serta Pemamfaatannya sebagai Alternatif Bahan AJar di Sekolah Menengah ATas (Studi Deskriptif Analitik terhadap Novel Komet Minor Karya Tere Liye)

Deni Gumilar. B1C160010. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2000.

ABSTRAK

Penelitian ini beranjak dari masalah bagaimana unsur Intrinsik yang terdapat pada novel Komet Minor karya Tere Liye. Unsur tersebut meliputi tema, tokoh, alur, latar dan sudut pandang. Selain itu, penelitian ini membahas bagaimana kelayakan bahan ajar yang dibuat berdasarkan hasil analisis unsur Intrinsik tersebut sebagai alternatif bahan ajar di SMA. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur Intrinsik dalam novel, sera kesesuaian bahan ajar dengan kurikulum yang digunakan. Penelitian menggunakan metode deskriptif  analitik. Sumber data penelitian ini adalah novel Komet Minor karya Tere Liye. Dengan berlandaskan pada suatu teori yakni teori Burhan Nurgiantoro serta kurikulum 2013 sebagai acuan menyusun bahan ajar. Hasil penelitian dalam novel Komet Minor karya Tere Liye bahwa ditemukan data dengan jumlah 87 data yang meliputi 30 data tema, 29 data tokoh, 11 data alur, 14 data latar, dan 3 data sudut pandang. Unsur intrinsik tersebut yang kemudian dijadikan bahan ajar di SMA dengan acuan kurikulum 2013, setelah itu sebagai uji kelayakan dari bahan ajar tersebut dilakukan penelitian dengan menyebarkan angket kepada 3 orang guru dan 30 orang siswa dari 3 sekolah yang berbeda. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hampir seluruh responden menyatakan setuju terhadap bahan ajar. Maka dari itu, bhan ajar layak dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di Sekolah Menengah Atas.