Alih Fungsi Mata Pencaharian Penduduk dari Sayuran ke Tanaman Kopi di Desa Mekarjaya Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung

Saepuloh. B1A150014. Program Studi Pendidikan Geografi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2019.

ABSTRAK

Pertanian merupakan sektor yang dijadikan sebagai mata pencaharian utama masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab perubahan mata pencaharian penduduk sebagai petani sayuran menjadi petani kopi di Desa Mekarjaya Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara terstruktur, kuesioner, dan dokumentasi. Jumlah populasi yaitu 107 KK, sedangkan sampel sebanyak 52 KK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab perubahan mata pencaharian masyarakat petani sayuran menjadi petani kopi adalah: (1) Curah hujan 3.545 mm/tahun yang sesuai dengan syarat tumbuhnya kopi arabika, (2) Ketinggian lahan 1.200 mdpl, (3) Aturan PERHUTANI yang menjadikan tanaman kopi sebagai tanaman pelindung erosi hutan, (4) Peningkatan pendapatan petani setelah menjadi petani kopi, (5) Pendapatan dari penjualan kopi dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari termasuk pendidikan dan kesehatan, (6) Pendapatan petani dipengaruhi oleh cara pemasaran hasil produksi kopi.

Kata Kunci : Alih Fungsi, Mekarjaya, Petani Kopi, Petani Sayuran