Model Pembelajaran Menulis Teks Persuasi dengan Media Storyboard (Penelitian Eksperimen Semu terhadap Siswa Kelas VIII SMP Handayani Banjaran Tahun Ajaran 2020/2021)

Irvan Novriansyah. B1C160023. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bale Bandung. 2020.

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) bagaimana kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Handayani Banjaran sebelum diterapkan media storyboard, (2) bagaimana kemampuan menulis teks persuasi pada siswa kela VIII SMP Handayani Banjaran sesudah diterapkan media storyboard, (3) apakah ada perbedaan signifikan antara sebelum dan sesudah diterapkan media storyboard dalam pembelajaran menulis teks persuasi pada siswa kelas VIII SMP Handayani Banjaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian eksperimen semu bentuk desain pre-experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design. Hasil penelitian kemampuan menulis teks persuasi sebelum diterapkan media storyboard dapat diketahui, bahwa dengan nilai rata-rata kelas (55,5) terdapat 9 orang siswa (45% dari jumlah siswa) di atas nilai rata-rata, sedangkan 11 orang siswa (55% dari jumlah siswa) masih di bawah nilai rata-rata. Kemampuan menulis teks persuasi sesudah diterapkan media storyboard dapat diketahui, bahwa dengan nilai rata-rata kelas (73,75) terdapat 12 orang siswa (60% dari jumlah siswa) di atas nilai rata-rata, sedangkan 8 orang siswa (40% dari jumlah siswa) masih di bawah nilai rata-rata. Dengan membandingkan perolehan nilai rata-rata antara sebelum dan sesudah diterapkan media storyboard jelas terlihat adanya kenaikan nilai rata-rata sebesar 18,25. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan hasil t hitung (9,36) dan t tabel (1,73) pada taraf kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan db = 19, terbukti t hitung lebih besar dari t tabel. Dengan demikian, perbedaan rata-rata antara pretest dan posttest terbukti signifikan yaitu t hitung (9,36) >t tabel (1,73).

Kata kunci: menulis, teks persuasi, media storyboard