Pengaruh Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan terhadap Laba Bersih pada CV Three Mountain Pangalengan Periode 2017-2018

Sintia Sinta Dewi. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Bale Bandung. 2020.

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Laba Bersih yang mengalami naik turun dalam waktu tertentu. Rumusan dalam penelitian ini adalah apakah Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan berpengaruh secara parsial dan simultan serta signifikan atau tidak tehadap Laba Bersih di CV Three Mountain Pangalengan periode 2017-2018 secara triwulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini berkaitan dengan Laba rugi yaitu pada laporan keuangan. Sehubungan dengan itu teori pendekatan yang dilakukan adalah berkaitan dengan laporan Laba Bersih. Data yang diambil yaitu dari laporan laba rugi CV Three Mountain Pangalengan mulai dari tahun 2017 sampai dengan 2018 secara triwulanan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah seluruh laporan laba rugi CV Three Mountain Pangalengan 2017-2018, sampel dalam penelitian ini adalah data perputaran piutang, perputaran persediaan dan laba bersih CV Three Mountain Pangalengan 2017-2018.

Hasil penelitian menunjukan hasil thitung Perputaran Piutang (X1) sebesar 5,511 sedangkkan ttabel sebesar 2,015, maka nilai thitung > ttabel. Sementara nilai signifikansi thitung variabel Perputaran Piutang (X1) sebesar 0,003, artinya < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak Ha diterima yang berarti Perputaran Piutang berpengaruh signifikan terhadap Laba Bersih pada CV Three Mountain Pangalengan. Hasil penelitian menunjukan hasil thitung Perputaran Persediaan (X2) sebesar -4,560 sedangkan ttabel sebesar -2,015, maka nilai thitung > ttabel. Sementara nilai signifikansi thitung variabel Perputaran Persediaan (X2) sebesar 0,006, artinya < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka Ho ditolak Ha diterima. Perputaran Piutang dan Perputaran Persediaan berpengaruh secara simultan terhadap Laba Bersih sebesar 15,220 dengan signifikansi 0,007. Dan dapat juga disimpulkan dari hasil uji determinasi ada pengaruh sebesar 85,9% yang dipengaruhi oleh variasi variabel Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, dan sisanyaa sebesar 14,1% oleh variasi variabel lain diluar model.

Kata Kunci   : Perputaran Piutang, Perputaran Persediaan, Laba

  Bersih.